Sudachi, Jeruk Nipis Jepang yang Kecut Unik Ini Dipakai di Restoran Mewah

Diah Afrilian - detikFood Jumat, 21 Mei 2021 16:30 WIB
Sudachi, Jeruk Nipis Jepang yang Kecut Unik Ini Dipakai di Restoran Mewah Foto: istock
Jakarta -

Sudachi, jeruk nipis asal Jepang ini hanya digunakan pada restoran mewah. Kira-kira seperti apa bentuk dan rasanya?

Jeruk memiliki beragam varian yang sangat banyak. Mulai dari jeruk buah yang bisa langsung dimakan hingga berbagai jeruk yang biasanya digunakan dalam masakan seperti jeruk limau dan jeruk nipis.

Beragam varian jeruk ini tersebar di berbagai belahan dunia menyesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat jeruk tersebut tumbuh dan ditanam. Bahkan jeruk nipis sekali pun ternyata memiliki jenis lain yang jarang diketahui dan digunakan secara umum.

Salah satunya varian jeruk nipis yang ditemukan tumbuh hanya di wilayah Jepang. Dikenal dengan nama sudachi, jeruk ini bahkan memiliki ciri fisik yang sangat menyerupai jeruk nipis.

Sudachi, Jeruk Nipis Jepang yang Kecut Unik Ini Dipakai di Restoran MewahSudachi, Jeruk Nipis Jepang yang Kecut Unik Ini Dipakai di Restoran Mewah Foto: istock

Mengutip dari Umami Insider (29/1), sudachi adalah varietas yuzu, atau buah jeruk yang lazim di Jepang yang bermutasi. Bahkan, sudachi dipercayai sebagai varietas jeruk kuno yang disebut juga dengan papeda.

Sayangnya, sudachi tidak digunakan secara umum, melainkan hanya di restoran mewah. Tetapi buah ini diproduksi dalam jumlah yang besar dan dapat dipanen sepanjang tahun di Jepang.

Bentuk dan Ciri Fisik Sudachi

Jeruk nipis sudachi sering disalah artikan sebagai jeruk nipis yang biasanya ditemukan secara umum. Tetapi sudachi memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil kira-kira sama dengan bola golf.

Baca Juga: Yuzu, Jenis Jeruk Baru yang Bernutrisi dari Jepang

Sudachi sendiri dipanen ketika kulit berwarna hijau gelap. Tetapi kulit buahnya akan berubah menjadi kuning cerah saat buah mulai matang.

Sudachi akan lebih mudah dibedakan saat buah tersebut sudah matang. Sayangnya, air perasan sudachi justru lebih baik kualitasnya saat buah masih belum matang dan berwarna hijau.

Sudachi mengandung air yang lebih banyak dibandingkan dengan jeruk nipis pada biasanya. Air perasan dan aromasudachi sama asamnya dengan jeruk nipis biasa. Tetapisudachi lebih memiliki rasa dan aroma yang lebih baik jika dicampurkan pada hidangan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Viral Nasi Babat yang Bikin Geger di Sidoarjo"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com