Masakan Rumahan

Cara Membuat Sambal Pecel Madiun yang Sedap, Ini 3 Tipsnya

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 21 Mei 2021 14:34 WIB
Cara membuat sambal pecel Madiun Foto: istock
FOKUS BERITA Masakan Rumahan
Jakarta -

Pecel khas Madiun merupakan salah satu masakan rumahan karena sederhana. Kalau ingin bikin sendiri, kamu bisa ikuti cara membuat sambal pecel Madiun berikut ini.

Pecel adalah makanan khas Indonesia berupa aneka sayuran rebus dengan siraman sambal atau saus kacang. Pecel banyak ditemui di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Salah satu yang terkenal adalah pecel Madiun.

Pecel Madiun banyak digemari karena cita rasanya yang khas. Sambal kacangnya tidak terlalu cair dan rasanya manis gurih. Memakai banyak daun jeruk purut dan kencur sehingga aromanya wangi sedap.

Baca Juga: Pecel Legendaris Mbok Pakem Tetap Ramai Meski Berlokasi Dekat Kuburan

Hidangan satu ini termasuk makanan sehat karena terdiri dari aneka sayuran. Seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya, kol, tauge, kacang panjang, hingga kembang turi.

Biasanya pecel Madiun ini disantap bersama nasi putih dan rempeyek. Aneka lauk pendampingnya berupa tahu dan tempe goreng atau bacem, empal goreng, hingga aneka sate. Pelengkap lainnya irisan mentimun dan daun kemangi.

Kalau ingin meracik pecel Madiun sendiri, ikuti cara membuat sambal pecel Madiun yang nikmat berikut ini.

1. Jenis Kacang

Bahan utama sambal pecel Madiun adalah kacang tanah. Kacang tanah yang kecil dari kawasan Tuban cocok dibuat sambal pecel. Kacang disangrai hingga kering atau digoreng minyak hingga sedikit kecokelatan.

Kalau ingin rasa sambal pecel Madiun terasa istimewa, tambahkan kacang mete. Kacang mede pada sambal pecel Madiun ini akan menambah cita rasa gurih yang berbeda.

Cara membuat sambal pecel MadiunCara membuat sambal pecel Madiun Foto: istock

2. Bumbu Sambal Pecel Madiun

Selain kacang, ada bumbu halus yang harus ditambahkan ke dalam racikan sambal pecel Madiun. Bumbunya juga tak boleh asal karena rasa sambal pecel yang memiliki ciri khas yang kuat.

Bumbunya terdiri dari bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, dan kencur. Goreng bumbu ini hingga layu lalu dihaluskan.

Berikan juga daun jeruk agar aroma harumnya semerbak. Daun jeruk yang digunakan harus dibuang tulang daunnya, lalu diiris halus.

Baca Juga: Warung Boma : Nikmatnya Jajan Pecel Pincuk Murah Meriah di Malam Hari

Selanjutnya
Halaman
1 2
FOKUS BERITA Masakan Rumahan
FOKUS BERITA Masakan Rumahan

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com