Aneh! Sebelum Dieksekusi, Terpidana Mati Ini Cuma Minta Buah Zaitun

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 20 Mei 2021 14:00 WIB
Aneh! Sebelum Dieksekusi, Terpidana Mati Ini Cuma Minta Buah Zaitun Foto: Site News
Jakarta -

Sebelum dieksekusi mati, biasanya terpidana mati diberikan kesempatan untuk memilih makanan terakhir. Tapi orang ini hanya minta satu biji buah zaitun saja.

Makanan terakhir yang disantap oleh terpidana mati sebelum dieksekusi, selalu menjadi topik yang menarik. Banyak para narapidana yang memiliki permintaan makanan unik, untuk mereka santap sebelum meninggalkan dunia ini.

Baca Juga: Bubur Jadi Menu Sarapan Selama 200 Tahun, Napi di Penjara Ini Protes

Mulai dari ayam goreng dari restoran cepat saji, makanan rumahan, minuman bersoda, sampai yang aneh seperti buah zaitun.

Dilansir dari Ladbible (20/05), terpidana mati Victor Feguer, punya permintaan makanan terakhir yang sedikit aneh. Victor diketahui melakukan pembunuhan, dan dijatuhkan hukuman mati.

Aneh! Sebelum Dieksekusi, Terpidana Mati Ini Cuma Minta Buah ZaitunAneh! Sebelum Dieksekusi, Terpidana Mati Ini Cuma Minta Buah Zaitun Foto: Site News

Sebelum dieksekusi mati dengan cara digantung pada tahun 1963. Narapidana berusia 28 tahun asal Iowa, Amerika ini sempat memesan makanan terakhirnya.

Dia hanya meminta disiapkan satu biji buah zaitun saja. Alasannya cukup aneh. Feguer mengatakan bahwa dia berharap dengan menyantap buah zaitun tersebut, akan tumbuh pohon zaitun dari dalam kuburnya, sebagai lambang kedamaian.

Hal ini lah yang membuat fotografer profesional bernama Henry Hargreaves, menghidupkan kembali foto makanan terakhir dari Feguer, di rangkaian fotografi 'No Seconds' miliknya.

"Menurut saya ini merupakan foto yang menyentuh. Ketika kita memikirkan tentang makanan terkahir di dunia, pasti kita memikirkan makanan yang enak dan porsi besar. Tapi Feguer hanya meminta satu buah zaitun saja," ungkap Henry.

Menurutnya permintaan Feguer yang sederhana ini menandakan momen terakhir narapidana itu di dunia.

Aneh! Sebelum Dieksekusi, Terpidana Mati Ini Cuma Minta Buah ZaitunAneh! Sebelum Dieksekusi, Terpidana Mati Ini Cuma Minta Buah Zaitun Foto: Site News

"Ketika saya membaca tentang permintaan makanan terakhir dari narapidana sebelum dieksekusi. Ini menarik perhatian saya. Karena di New Zealand, dan negara maju lainnya, hukuman mati itu sudah tidak ada dalam pembicaraan," lanjut Henry.

"Hukuman mati ini benar-benar tradisi di masa lampau. Dulu orang menawarkan makanan terakhir, sebagai bentuk kesopanan sebelum membunuh narapidana ini. Menurut saya itu topik yang menarik," pungkas Henry.

Seperti yang diketahui sebelumnya. Jumlah negara yang menghapuskan kebijakan hukuman mati terus meningkat.

Feguer sendiri merupakan narapidana federal terakhir yang dieksekusi di Amerika. Sebelum moratorium tentang hukuman mati dihapuskan di tahun 2001. Ia juga orang terakhir yang dihukum mati di negara bagian Iowa, tempatnya berasal.

Meski begitu sampai sekarang masih banyak negara bagian di Amerika, yang memberlakukan hukuman mati.

Baca Juga: Restoran Pop-up Ini Sajikan Makanan Terakhir Para Napi Sebelum Hukuman Mati



Simak Video "Bikin Laper: Menikmati Sate Kangen Sambil Ditemani Pemandangan Indah"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com