Bubur Jadi Menu Sarapan Selama 200 Tahun, Napi di Penjara Ini Protes

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 07 Jul 2020 06:00 WIB
Sarapan Bubur di Penjara Inggris Foto: iStock/Mirror
Jakarta -

Selama 200 tahun bubur jadi menu sarapan, para napi di penjara ini protes keras. Mereka meminta agar menu sarapan diganti.

Narapidana di penjara HMP Holme House, Kategori C yang ada di Inggris baru-baru ini membuat gebrakan terbaru. Bukan berhubungan dengan kejahatan, melainkan karena menu sarapan yang tak pernah berubah selama 200 tahun terakhir.

Baca Juga: 5 Makanan Unik di Penjara, Mie Instan hingga Hasil Masakan Sendiri

Sarapan Bubur di Penjara InggrisSarapan Bubur di Penjara Inggris Foto: iStock/Mirror



Dilansir dari Mirror UK (06/07), menyantap menu sarapan bubur setiap harinya ternyata membuat para napi bosan dan muak. Karena pihak penjara tak kunjung memberikan pilihan menu sarapan lain, mereka akhirnya mulai melakukan protes.

Menurut mereka rasanya tidak adil para napi harus menyantap bubur yang sama selama 200 tahun terakhir. Mereka akhirnya melapor ke dewan penjara untuk mengeluarkan menu bubur setiap akhir pekan.

Untuk sarapan di akhir pekan mereka meminta omelette, crackers, selai atau sereal.

Tentunya gerakan protes ini mengundang banyak perhatian dari orang-orang. Karena menurut sejarah yang ada tradisi sarapan bubur di penjara ini sudah menjadi budaya di Inggris sejak dulu.

Sarapan Bubur di Penjara InggrisSarapan Bubur di Penjara Inggris Foto: iStock/Mirror



Budaya sarapan bubur pertama kali dilakukan di penjara Inveraray yang ada di Skotlandia pada tahun 1820 silam. Tradisi itu berlanjut hingga sekarang. Setiap harinya para napi akan mengawali hari dengan 150 gram bubur oatmeal dengan tiga perempat liter susu.

Walau bernutrisi bubur menjadi menu sarapan yang membosankan bagi para napi. Lewat buku Lag'sLexicon yang terbit di tahun 1950, tertulis bahwa 'makan bubur' merupakan sebutan bagi para napi untuk menjalankan hukuman mereka.

Sementara pada tahun 1974, muncul serialsitkom dariBBC yang menceritakan tentang kehidupan napi di dalam penjara Inggris. Termasuk budaya makan bubur setiap pagi.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bikin Laper: Santap Bubur Putih dan Merah dengan Topping Melimpah"
[Gambas:Video 20detik]