Blue Poop Challenge, Tantangan Feses Berwarna Biru yang Ngetren di TikTok

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 20 Mei 2021 12:30 WIB
Blue Poop Challenge, Tantangan Feses Berwarna Biru yang Ngetren di TikTok Foto: Courtesy TikTok/iStock
Jakarta -

Sedang ngetren 'Blue Poop Challenge' di TikTok. Tren ini mengajak orang untuk konsumsi makanan berwarna, agar feses mereka berubah menjadi biru.

Banyak tren aneh sampai yang bikin heboh di TikTok. Salah satunya tren terbaru 'Blue Poop Challenge'. Sesuai namanya, tren ini berkaitan dengan buang air besar atau BAB.

Baca Juga: Aneh! Tren TikTok Celup Testis ke Jus hingga Masukkan Es Batu ke Vagina

Dilansir dari News AU (20/05), tren ini mengajak orang-orang untuk mengonsumsi berbagai makanan berwarna. Salah satunya kue muffin yang diberi pewarna biru.

Setelah menyantap muffin berwarna biru ini, orang-orang akan melihat apakah ketika mereka BAB nanti, feses atau kotoran yang dikeluarkan akan ikut berwarna biru juga.

Blue Poop Challenge, Tantangan Feses Berwarna Biru yang Ngetren di TikTokBlue Poop Challenge, Tantangan Feses Berwarna Biru yang Ngetren di TikTok Foto: Courtesy TikTok/iStock

Meski terdengar aneh, tapi ternyata tantangan ini memiliki tujuan yang cukup baik. Tantangan ini pertama kali dikenalkan oleh kelompok peneliti bernama ZOE.

Mereka ingin orang-orang mengetes kesehatan usus lewat cara inovatif. Cara ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

"Seberapa cepat tubuh memproses makanan yang dicerna, bisa jadi alat ukur kesehatan usus kalian, dan gangguan pencernaan apa yang dimiliki," jelas perwakilan dari ZOE.

Untuk mengikuti tren ini caranya cukup mudah. Orang-orang hanya perlu makan dua buah muffin yang diberi pewarna makanan biru di pagi hari.

Blue Poop Challenge, Tantangan Feses Berwarna Biru yang Ngetren di TikTokBlue Poop Challenge, Tantangan Feses Berwarna Biru yang Ngetren di TikTok Foto: Courtesy TikTok/iStock


Usai menyantap muffin, orang-orang bisa menghitung berapa lama sampai mereka BAB. Kemudian mereka bisa melihat apakah feses yang dikeluarkan berwarna biru, atau berwarna kehijauan.

Setelah itu mereka bisa memasukkan detail dan waktu BAB, ke situs resmi ZOE. Lengkap dengan beberapa pertanyaan dari pola makan, tinggi dan berat badan, konsumsi sayur, sampai makanan yang paling sering disantap.

Nantinya situs ini akan memberikan kesimpulan seberapa sehat saluran pencernaan tubuh masing-masing orang.

Tentunya semua kesimpulan ini berdasarkan hasil penelitian dan studi yang dilakukan ZOE. Mereka menyimpulkan bahwa orang-orang yang memiliki saluran pencernaan normal, biasanya membutuhkan waktu sekitar 14 jam sampai satu hari untuk BAB setelah makan.

Blue Poop Challenge, Tantangan Feses Berwarna Biru yang Ngetren di TikTokBlue Poop Challenge, Tantangan Feses Berwarna Biru yang Ngetren di TikTok Foto: Courtesy TikTok/iStock

Penelitian ini juga menyebutkan bahwa semakin cepat seseorang BAB setelah makan. Maka semakin sehat usus dan saluran pencernaannya. Mereka yang lancar BAB, biasanya memiliki lemak perut yang lebih sedikit.

"Kami menemukan orang-orang yang lama BAB setelah makan, justru memiliki banyak mikroba yang menghabiskan protein di tubuh. Di mana mikroba ini sering sekali dikaitkan sebagai tanda sehatnya usus. Dari sini kita bisa menyimpulkan, bahwa keragaman mikroba di dalam tubuh tidak selalu menjadi jaminan bahwa usus seseorang sehat. Terutama bagi orang-orang yang jarang BAB," tulis ZOE di situsnya.

Hasil analisa setiap orang tentunya berbeda. Meski mereka melihat fesesnya berwarna biru, belum tentu usus mereka sehat.

Dalam waktu singkat, tren 'Blue Poop Challenge' ini cukup hits dan diikuti banyak orang. Banyak netizen yang mendukung tren ini agar orang-orang lebih peduli dengan kesehatan usus mereka.

Baca Juga: Ini 7 Tren Makanan Paling Aneh di TikTok yang Pernah Viral



Simak Video "Kepoin Dear Butter, Kue Viral Manis Krenyes"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com