6 Sayuran yang Gampang Ditanam dalam Pot di Rumah

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 18 Mei 2021 15:30 WIB
6 Sayuran yang Gampang Ditanam dalam Pot di Rumah Foto: iStock
Jakarta -

Budidaya sayuran sendiri di rumah bisa dengan mudah dilakukan. Ada 6 sayuran yang bisa ditanam dalam pot di rumah.

Menanam sayuran di rumah bisa menjadi alternatif untuk berhemat. Misalnya seperti menanam cabai, bumbu dan rempah yang dapat sangat membantu untuk memasak di rumah.

Untuk menanam sayuran di rumah, sebenarnya tak perlu lahan yang besar atau halaman kebun yang luas. Beberapa sayuran bisa ditanam dalam pot atau wadah-wadah bekas yang bisa dimanfaatkan kembali.

Nadia Hassani selaku penulis tentang tanaman dan Tim McSweeney selaku petani halaman belakang memberikan saran untuk menanam sayuran di rumah. Keduanya bahkan merekomendasikan beberapa sayuran yang bisa ditanam hanya dengan pot atau wadah-wadah bekas.

Dilansir melalui Salon (16/5) berikut ini 6 sayuran yang mudah ditanam di rumah.

6 Sayuran yang Gampang Ditanam dalam Pot di Rumah6 Sayuran yang Gampang Ditanam dalam Pot di Rumah Foto: iStock

1. Selada

Selada bahkan menjadi sayuran yang tak butuh media tanah untuk menumbuhkannya. Cukup dengan sebuah wadah berisikan air, kamu sudah dapat menumbuhkan selada.

Nadia bahkan menyarankan untuk menanam selada pada wadah yang bisa digantungkan di jendela. Ini akan sangat menyenangkan hanya dengan melalui jendela kamu bisa mendapatkan selada segar.

Baca juga: Sering Gagal Panen? 5 Kesalahan Menanam Sayuran Ini Harus Dihindari!

2. Bumbu dan Rempah

Bumbu dan rempah seperti kemangi, seledri, ketumbar dan lain-lain masih sangat mungkin untuk ditumbuhkan kembali di rumah. Caranya hanya dengan jangan membuang bagian akarnya.

Siapkan sebuah wadah dari botol bekas yang potong bagian atasnya kemudian isi dengan air kira-kira 1/4 bagian. Simpan akar dari tanaman rempah tersebut secara menggantung tetapi pastikan akarnya berada di dalam air.

3. Bayam

6 Sayuran yang Gampang Ditanam dalam Pot di Rumah6 Sayuran yang Gampang Ditanam dalam Pot di Rumah Foto: iStock

Sama seperti selada, bayam menjadi tanaman yang mampu hidup hanya dengan wadah berisi air. TIps menanam bayam yang diberikan oleh Nadi pun serupa dengan cara menanam selada.

Cukup siapkan sebuah wadah berisikan air yang bisa digantung, kemudian simpan bayam di dalam wadah tersebut. Tak perlu peralatan dan perawatan yang rumit, bayam akan mampu tumbuh dengan sendirinya secara baik pada wadah.

4. Tomat

Tomat menjadi sayuran yang cocok untuk ditanam dalam pot. Selain menjadi tanaman, pot tomat yang diletakkan pada balkon rumah juga akan sangat baik untuk dijadikan hiasan.

Pertama-tama cukup siapkan pot atau polybag. Masukan secukupnya benih pada media tanam berupa tanah yang telah dicampur dengan pupuk. Pastikan untuk tidak lupa menyiram bibit tomat agar tumbuh dengan baik.

5. Cabai

6 Sayuran yang Gampang Ditanam dalam Pot di Rumah6 Sayuran yang Gampang Ditanam dalam Pot di Rumah Foto: iStock

Menanam cabai di rumah sangat mudah untuk dilakukan, kamu hanya perlu biji cabai dan media tanam. Baik pot berbagai ukuran maupun polybag dapat menjadi media tanam yang baik untuk cabai.

Cabai termasuk sayuran yang sangat mudah untuk tubuh. Hanya butuh dipastikan asupan airnya tercukupi agar pohon cabai tak layu.

6. Terong

Terong tak butuh ruang yang sangat luas untuk bisa ditanam. Menanam tumbuhan terong bahkan juga bisa disesuaikan antara ukuran terong dengan lahan yang tersedia. Bibit untuk tering yang berukuran lebih kecil dari terong besar biasanya juga banyak tersedia dan dijual secara luas.

Untuk menanam terong, cukup siapkan polybag atau pot yang telah diisi dengan tanah, pupuk dan campuran sekam. Beri lubang kira-kira dengan kedalaman 5 cm untuk menanam bibit terong. Pastikan untuk rajin menyiram dan memberi pupuk agar terong semakin subur.

Baca juga: Tanam Sayuran dan Bumbu Sendiri dengan Wadah Bekas Ini (1)



Simak Video "Masak Masak: Kreasi Camilan Manis dari Pisang dan Nangka"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com