Daun Pisang Bagus Dijadikan Bungkus Makanan, Ini Alasannya!

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 17 Mei 2021 12:00 WIB
daun pisang bagus untuk memasak Foto: istock
Jakarta -

Di Indonesia daun pisang kerap dijadikan alas dan pembungkus makanan. Ternyata secara ilmiah daun pisang memang baik digunakan untuk memasak. Ini alasannya!

Daun pisang merupakan salah satu bahan penting dalam memasak di Indonesia dan negara Asia lainnya. Biasanya dijadikan alas untuk makanan dan pembungkus.

Daun pisang sebagai alat pembungkus yang umum di Indonesia. Biasanya daun pisang digunakan untuk membungkus lontong, lemper, pepes, lemang, hingga bongko. Makanan-makanan ini biasanya diolah dengan cara direbus, kukus, hingga panggang.

daun pisang bagus untuk memasakdaun pisang bagus untuk memasak Foto: istock

Baca Juga: Selain Daun Pisang, Ini 5 Jenis Daun untuk Pembungkus Makanan

Daun pisang juga sering dijadikan alas makanan, seperti nasi liwet, pecel sayur, nasi krawu, nasi gudeg, dan lainnya. Penggunaan daun pisang sebagai pembungkus dan alas makan karena aromanya bisa membuat rasa makanan jadi lebih nikmat.

Dilansir dari Mashed (13/5), fungsi daun pisang dalam makanan mirip dengan alumunium foil yang juga biasa digunakan untuk membungkus makanan. Alumunium foil juga aman digunakan untuk memanggang makanan.

daun pisang bagus untuk memasakdaun pisang bagus untuk memasak Foto: istock

Menurut situs My Recipe, penggunaan daun pisang untuk mengukus makanan juga setanding dengan teknis Perancis bernama 'en papillote'. Yaitu teknik mengkus makanan dengan kertas pembungkus perkamen atau alumunium foil. Ini dikarenakan daun pisang teksurnya lembut dan mudah dilipat untuk mengukus.

Situs Happy Belly Fish menjelaskan kalau daun pisang juga bisa membantu melindungi makanan dari api langsung di panggangan. Selain itu rasa yang dihasilkan juga lebih lembut dan terasa aroma smokey (bakaran).

daun pisang bagus untuk memasakdaun pisang bagus untuk memasak Foto: istock

Selain untuk aromatik makanan, daun pisang juga memiliki manfaat sehat. Dilansir dari India Times, daun pisang mengandung antioksidan dan polifenol yang baik untuk kesehatan. Daun pisang juga memiliki sifat antibakteria yang menjadikannya sebagai pilihan terbaik untuk menghindari keracunan makanan.

Bahkan di India daun pisang dianggap suci. Daun pisang dianggap sebagai tanda keberuntungan dan sering dihadirkan dalam persembahan Hindu, seperti dikutip dari NDTV Food.

Baca Juga: Daun Pisang Dibanderol Rp 800 Ribu, Netizen Rebutan Jualan di Jepang



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Bebek Bakar Daun Pisang"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com