Daun Pisang Dibanderol Rp 800 Ribu, Netizen Rebutan Jualan di Jepang

Devi Setya - detikFood Selasa, 18 Agu 2020 14:30 WIB
daun pisang mahal Foto: twitter @fermendkis
Jakarta -

Seikat daun pisang di Indonesia harganya murah meriah, bahkan tak lebih dari Rp 5.000. Berbeda dengan di Jepang yang menjual daun pisang sampai sampai Rp 800 ribu. Wow!

Seorang netizen pengguna akun twitter @fermendkis membeberkan harga daun pisang yang dijual di Jepang. Pemilik akun yang akrab disapa Menda ini mengunggah foto yang menunjukkan kalau situs jual beli online Amazon menjual daun pisang dengan harga ratusan ribu rupiah.

Dari gambar tangkapan layar ini terlihat ada tiga varian daun pisang yang dijual yakni satu lembar, tiga lembar dan lima lembar daun pisang. Masing-masing paket daun pisang ini dijual dengan harga berbeda.

daun pisang mahaldaun pisang mahal Foto: twitter @fermendkis

Baca juga : Ini 5 Makanan Indonesia yang Dijual Mahal di Luar Negeri

Daun pisang tercatat dalam bahasa Jepang lengkap dengan harga yang tertera. Satu lembar daun pisang dibanderol dengan harga 1.980-2.280 Yen (Rp 278 ribu - Rp 321 ribu). Harga ini tampaknya disesuaikan dengan ukuran daun pisang yang tersedia.

Selain paket satu lembar, ada juga paket 3 lembar daun pisang seharga 3.700 Yen (Rp 521 ribu) dan paket 5 lembar daun pisang seharga 5.700 Yen (Rp 803 ribu). Melihat harganya yang fantastis, tentu saja banyak netizen yang jadi gagal fokus dan malah berebut untuk jadi penjual daun pisang.

Jika dibandingkan dengan Indonesia, daun pisang termasuk yang mudah didapatkan. Harga perikat daun pisang sekitar Rp 5.000 dengan isi 5-10 lembar daun pisang. Apalagi netizen juga banyak yang mengatakan daun pisang gratis dan bisa memetik langsung dari kebun.

daun pisang mahaldaun pisang mahal Foto: twitter @fermendkis

"Di rumahku gratis, sampe tetangga se-RT bisa ngerasain semua," ujar netizen.

"Nenek gue punya banyak banget daun pisang di kebon. Hmm ekspor aja kali ya jual 300 ribu udah untung 100 kali lipat," beber netizen.

"Di depan rumahku banyak daun pisang. Apa perlu aku ekspor kesana? Aku kasih harga 450 ribu aja deh," sahut netizen lain.

"Guys, kita ke Jepang aja yuk jualan daun pisang. Ak penasaran. Knp bisa dihargain 500rb pdhal cuma daun pisang. Apa di jepang ga ada yg nanem pohon pisang??" tanya netizen.

daun pisang mahaldaun pisang mahal Foto: twitter @fermendkis

Baca juga : Kocaknya Curhatan Ala Netizen Saat Lihat Harga Makanan Mahal

Kalau membayangkan harga daun pisang yang fantastis di Jepang, tentu para WNI yang tinggal di Jepang akan sangat kesulitan saat kangen makan pepes atau kue yang dibungkus daun pisang.

Sementara di Australia, daun pisang dijual dengan harga 6,90 AU$ (Rp 74 ribu). Tak hanya daun pisang, netizen lantas mengunggah foto berbagai makanan yang harganya juga selangit, padahal di Indonesia terbilang murah.

Ada sebuah nangka yang dibanderol harga 19.200 Yen atau Rp 2,7 juta. Di Korea bibit buah pisang harganya mencapai 230.000 Won (Rp 2,8 juta).

Harga berbagai makanan dan mahal ini tentu saja dipengaruhi kondisi geografis dan iklim di negara tersebut. Tidak semua hal yang mudah didapatkan di Indonesia bisa dengan mudah didapatkan di negara lainnya.



Simak Video "Bikin Laper: Jajal Bebek Bakar Daun Pisang"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com