Ngakak! Ini Cara Hemat Agar Kue Lebaran Tak Cepat Habis

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 16 Mei 2021 12:30 WIB
Ngakak! Ini Cara Hemat Agar Kue Lebaran Tak Cepat Habis Foto: Instagram/ @mak_inpoh/Ist
Jakarta -

Masih dalam suasana Lebaran. Ada cara hemat agar kue dan snack sisa Lebaran tak mudah habis. Salah satunya dengan cara kocak ini.

Meski perayaan Hari Raya Idul Fitri sudah berakhir. Tapi masih banyak orang yang bersilaturahmi ke rumah keluarga atau kerabat terdekat, meski dalam jumlah terbatas karena situasi pandemi yang masih berlangsung.

Baca Juga: Persiapan Buat Lebaran, Ini Cara Mudah Cari Ujung Selotip di Stoples Kue Kering

Tentunya aneka kudapan khas Lebaran seperti kue kering sampai snack, jadi incaran para tamu jika sedang datang berkunjung.

Lewat salah satu foto yang viral di Facebook dan Instagram. Ada satu netizen yang bagikan cara mudah sekaligus hemat, agar kue dan snack dari Lebaran tak cepat habis.

"Tips jajan awet ala pandemi, biar tidak beli lagi," tulis keterangan di foto tersebut, yang diunggah ulang oleh akun Instagram @mak_inpoh (16/05).

Di dalam foto tersebut, terdapat stoples plastik atau keler berisi beberapa jenis cemilan. Lengkap dengan satu kaleng biskuit Khong Guan yang isinya sudah beralih wujud menjadi rengginang.

Ngakak! Ini Cara Hemat Agar Kue Lebaran Tak Cepat HabisNgakak! Ini Cara Hemat Agar Kue Lebaran Tak Cepat Habis Foto: Instagram/ @mak_inpoh/Ist

"Lebaran masa pandemi ini, di mana semua serba sulit dan jajan Lebaran yang pas-pasan. Tidak mau beli cemilan/kue lagi, sebab kondisi kanker alias kantong kering. Wal Garingi, Wal Ngiriti, Wal Boke'i," tulis unggahan tersebut.

Yang membuat foto ini jadi viral, bukan karena curhatan sang pemilik keler. Melainkan tulisan dan pesan peringatan yang ditempel di setiap tutupnya.

Seperti di keler pertama contohnya, sang pemilik menuliskan jenis cemilan yang ada di dalamnya. Lengkap dengan pesan ancaman yang cukup halus.

"Isinya criping pisang manis. Awas!! Kebanyakan gula diabetes lho,"

Tak hanya di tutup keler pertama. Di atas tutup kaleng Khong Guan juga ada pesan serupa yang tak kalah bikin ngakak.

"Isinya rengginang. Cover/kemasan hanya pemanis saja," tulis isi pesan tersebut, untuk mencegah para tamu jengkel saat membuka kaleng biskuit legendaris tersebut.

Ngakak! Ini Cara Hemat Agar Kue Lebaran Tak Cepat HabisNgakak! Ini Cara Hemat Agar Kue Lebaran Tak Cepat Habis Foto: Instagram/ @mak_inpoh/Ist

Di wadah ketiga, sang pemilik mengisi kacang mete sebagai cemilan untuk para tamu di hari Lebaran. Tentunya dengan pesan peringatan yang tak kalah unik.

"Isinya kacang mete. Sudah banyak yang pegang tutupnya. Fikirkan lagi untuk ambil isinya. Waspada Corona,"

Terakhir di stoples plastik keempat, sang pemilik lebih tegas dalam menuliskan pesan ancaman untuk para tamunya.

"Isinya kacang tanah goreng. Awas!! Jerawatan kalau makan," ancamnya.

Tentu saja tulisan-tulisan unik di atas tutup cemilan ini membuat netizen tertawa. Bahkan memberikan mereka ide untuk menuliskan pesan-pesan yang sama, di atas stoples kue kering yang mereka punya.

"Kalau pakai cara ini, awet itu kuenya sampai Lebaran tahun depan," komen netizen.

Kue Kering SairunKue Kering Sairun Foto: dok. detikFood

"Abis ini langsung jadi bahan ghibah (omongan) tetangga sampai Lebaran tahun depan," canda netizen lainnya.

"Hahahaha jahara (jahat) banget itu pesan-pesannya. Irit-irit ya sampai Idul Adha," lanjut salah satu netizen.

Meski hanya candaan semata, banyak juga netizen yang menanggapinya dengan serius.

"Kalau takut (kue dan cemilan) cepet habis, mending gak usah disediakan ke tamu. Simpen aja di lemari, lalu dikunci. Kuncinya dibuang. Dijamin awet sampai Corona minggat," kritik netizen.

Sebelumnya ada juga kejadian kocak seputar misteri isi kaleng biskuit, yang terkadang sering menipu. Bahkan tidak sesuai dengan isi aslinya.

Baca Juga: Bikin Penasaran Misteri Isi Kaleng Biskuit Suguhan Lebaran



Simak Video "Battle Kue Nastar Murah VS Mahal, Mana yang Paling Enak?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com