Hikmah di Balik Anjuran Nabi Makan Pakai 3 Jari

Riska Fitria - detikFood Selasa, 11 Mei 2021 06:00 WIB
Hikmah di Balik Anjuran Nabi Makan Pakai 3 Jari Foto: iStock
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk makan menggunakan cukup tiga jari saja. Ternyata ada hikmah di balik anjuran tersebut.

Sebagai muslim tentunya menjalani hidup dengan berpegangan pada pedoman Al Qur'an dan Hadist. Ada banyak hal yang diatur di dalamnya, termasuk adab yang baik saat makan.

Berdasarkan anjuran Nabi Muhammad SAW, adab makan yang baik adalah menggunakan cukup tiga jari saja. Hal tersebut pernah diterangkan dalam sebuah Hadist Riwayat Ka'b bin Malik, yang berbunyi :

"Rosulullah SAW makan dengan tiga jari. Setelah selesai beliau menjilatinya,"

Sebenarnya Hadist tersebut masih sering diperdebatkan apakah hal tersebut termasuk sunnah Nabi Muhammad SAW atau tidak. Namun di balik itu, terdapat hikmah dan manfaat dari makan menggunakan tiga jari.

1. Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Ternyata Ini Alasan Konsumsi Kurma Dianjurkan Saat Bulan PuasaHikmah di Balik Anjuran Nabi Makan Pakai 3 Jari Foto: iStock

Para ulama menafsirkan bahwa anjuran makan tiga jari agar manusia tidak makan secara tamak atau serakah. Hal tersebut pernah dijelaskan oleh Ustaz Adi Hidayat dalam sebuah video ceramah.

"Ternyata Nabi saat mencontohkan itu, sedang memegang kurma dengan tiga jari. Makanlah kalian seperti ini kata Nabi. Yang dipegang kurma. Kata para ulama Hadist ini jelas memberikan contoh yang dalam kepada kita," ujar Ustaz Adi Hidayat.

"Dulu makanan gak cuma kurma, udah ada gandum, roti dan lain-lain. Pas megang kurma pakai tiga jari, kalau megangnya pake lima jari tandanya apa? tandanya rakus," sambung Ustaz Adi Hidayat.

Baca Juga : Ini Hukum Membuka Warung Makan di Siang Hari saat Bulan Puasa

2. Hikmah Makan pakai Tiga Jari

Hikmah di Balik Anjuran Nabi Makan Pakai 3 JariHikmah di Balik Anjuran Nabi Makan Pakai 3 Jari Foto: iStock

Jadi, maksud dari hadist tersebut adalah makanlah kamu sesuai dengan kadar makanannya. Mengingat makanan terdiri dari berbagai jenis, misalnya makanan berkuah yang tidak mungkin dimakan dengan tiga jari, tetapi harus menggunakan sendok.

Hal ini juga pernah disampaikan oleh an-Nawawi dalam Syarh al-Minhaj. Beliau menganjurkan untuk makan makanan berkuah menggunakan sendok dan menggunakan satu telapak tangan, seperti yang dikutip dari Islam.co.

Jadi, tujuan dari Hadist tersebut adalah untuk mencontohkan kesederhanaan, kebersihan dan kerendahan hati Nabi Muhammad SAW. Dijelaskan bahwa makan pakai tangan atau sendok diperbolehkan berdasarkan jenis makanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com