7 Kreasi Olahan Mie Instan Anak Kos, Cocok Buat Sahur

Tim Detikfood - detikFood Sabtu, 08 Mei 2021 19:30 WIB
Resep Mie Instan ala Mark Tuan yang Mulur Gurih Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Sejak lama,mi instan dikenal sebagai penyelamat dan menu andalan anak kos, terlebih saat Ramadhan. Mi instan biasanya dijadikan menu utama saat santap sahur.

Selain harganya yang murah, memasak mi instan juga lebih mudah ketimbang harus mencari atau menyiapkan makanan pada waktu dini hari.Kendati demikian, menu ini sebenarnya tidak disarankan untuk menu sahur.

Ahli gizi Diana F. Suganda menuturkan pangan seperti mi instan sudah mengalami pemrosesan sehingga cenderung tinggi pengawet dan garam. Garam bersifat menarik cairan sehingga Anda merasa cepat haus bahkan dehidrasi.

Namun jika terpaksa mengonsumsi mi instan, Diana menyarankan untuk tetap melengkapi kebutuhan gizi seimbang. Mi akan memenuhi kebutuhan karbohidrat, kemudian protein bisa diperoleh dari telur.

"Lalu sayur baiknya ada juga misal sawi. Perlu ada niatan beli telur, sawi sebagai stok di kos. Walau instan, tetap ada usaha untuk memenuhi (kebutuhan nutrisi)," kata Diana beberapa waktu lalu.

Selain pemenuhan kebutuhan nutrisi, ada pula beberapa kreasi agar mi instan kamu 'naik level'. Sahur pun tak lagi membosankan.

Berikut 7 kreasi mi instan yang enak dan bergizi, cocok untuk sahur anak kos.

1. Selai kacang dan biji wijen

Selai kacang mampu memberikan nutrisi berupa lemak tak jenuh tunggal. Sebagaimana dilansir Insider, menambahkan selai kacang pada olahan mi instan akan memberikan rasa 'nutty' yang terinspirasi dari kuliner Thailand.

Caranya mudah. Rebus mi seperti petunjuk tetapi sisihkan bumbu. Sebagai gantinya, campur minyak wijen, selai kacang, madu kecap, cuka beras, bawang putih cincang dan sedikit jahe yang dimemarkan.

Saat mi sudah matang, letakkan di mangkuk dan siram dengan racikan bumbu. Mi instan pun siap dinikmati dengan taburan biji wijen.

2. Tambahkan Sriracha

Pangan khas India biasanya hadir dengan saus Sriracha. Saus berwarna merah menyala ini terbuat dari cabe merah dan bawang putih. Untuk memberikan citarasa pedas, tak ada salahnya menambahkan Sriracha. Dilansir BuzzFeed, Sriracha bakal berpadu sempurna dengan udang. Ini juga bisa jadi pertimbangan kamu untuk menggunakan udang sebagai sumber protein selain telur.

mie instan pedas7 Kreasi Olahan Mie Instan Anak Kos, Cocok Buat Sahur Foto: Istimewa

3. Nuansa Jepang dengan furikake atau togarashi

Mi instan dengan telur dan sayur siap disantap. Namun Anda tetap bisa memberikan sedikit sentuhan agar rasanya makin lezat. Taburi saja dengan furikake atau taburan khas Jepang yang terbuat dari rumput laut, biji wijen dan serpihan ikan kering.

Selain furikake, ada juga togarashi. Bumbu ini kebanyakan terbuat dari serpihan ikan kering dengan sedikit rumput laut kering dan biji wijen.

Berikut ide kreasi olahan mie instan lainnya tak kalah enak. Baca selengkapnya DI SINI !



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com