Bolehkah Mencampur Wasabi dan Shoyu Saat Makan Sushi? Ini Kata Pakar

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 08 Mei 2021 19:00 WIB
Bolehkah Mencampur Wasabi dan Shoyu Saat Makan Sushi? Ini Kata Pakar Foto: Getty Images/Xsandra
Jakarta -

Saat makan sushi, banyak orang terbiasa mencampur wasabi dan shoyu (kecap asin) sebagai cocolan. Begini pendapat pakar sushi soal kebiasaan ini.

Wasabi dan shoyu adalah dua condiment sushi yang sebenarnya dinikmati secara terpisah. Sebab keduanya punya fungsi masing-masing. Namun kini banyak pencinta sushi mencampurkan wasabi dan shoyu.

Praktik ini bahkan juga terjadi di negara asal sushi, Jepang. Pencinta sushi di sana menyebut campuran wasabi dan shoyu sebagai "wasabi joyu".

Baca Juga: 7 Hal Ini Sebaiknya Tak Anda Lakukan Saat Makan Sushi

Melihat tren mencampur wasabi dan shoyu yang semakin populer, para pemilik restoran sushi di Jepang memberikan pendapatnya. Ada perwakilan Sushi Sasaya Korin dan Itamae Sushi Edo yang mengatakan wasabi sebaiknya tidak dicampur shoyu, sebut Sora News 24 (7/5).

Bolehkah Mencampur Wasabi dan Shoyu Saat Makan Sushi? Ini Kata PakarBolehkah Mencampur Wasabi dan Shoyu Saat Makan Sushi? Ini Kata Pakar Foto: Getty Images/Xsandra

Alasannya adalah mencampur wasabi dan shoyu bukan hanya 'menodai' rasa shoyu, melainkan juga mengurangi aroma dan rasa pedas yang khas dari wasabi.

Perwakilan Sushi Sasaya Korin bahkan menyebut praktik mencampur wasabi dan shoyu adalah pelanggaran etiket makan di Jepang. Hal ini tidak hanya berlaku saat makan sushi tapi juga ketika menikmati makanan Jepang secara umum. Pihaknya menekankan wasabi dan shoyu seharusnya dinikmati terpisah.

Perwakilan Itamae Sushi Edo meyakini wasabi sebaiknya dioleskan langsung ke topping ikan, terutama pada ikan yang berlemak seperti chuutoro (medium fatty tuna) dan ootoro (pink fatty tuna). Sebab wasabi akan membantu menetralisir lemak pada ikan yang membuat rasanya makin enak.

Baca Juga:5 Kesalahan Saat Makan Sushi yang Banyak Dilakukan Orang Indonesia

Perbincangan soal praktik mencampur wasabi dan shoyu berawal dari survei terbaru di Jepang dimana 27.75% responden mengatakan selalu mencampur wasabi dan shoyu. Lalu ada 31.46% responden yang mengaku melihat situasi, apakah akan mencampurkan wasabi dan shoyu atau tidak.

Bolehkah Mencampur Wasabi dan Shoyu Saat Makan Sushi? Ini Kata PakarBolehkah Mencampur Wasabi dan Shoyu Saat Makan Sushi? Ini Kata Pakar Foto: Getty Images/Xsandra

Hal ini juga menuai banyak komentar dari netizen Jepang. "Saya pikir mencampur wasabi dan shoyu kini makin banyak dilakukan. Etiket (makan sushi) seharusnya berubah seiring waktu untuk merefleksikan tren terbaru," sahut seorang netizen.

Lalu ada juga yang bilang, "Restoran sushi yang bagus sudah menaruh wasabi di dalam sushi jika dibutuhkan, jadi Anda tidak perlu menambahnya sendiri."

Sora News 24 lantas menyimpulkan jika makan sushi di restoran yang resmi dan ada chef-nya, lebih baik tidak mencampur wasabi dan shoyu. Namun kalau sedang berkunjung ke restoran sushi kasual, mencampur wasabi dan shoyu boleh dilakukan.

Baca Juga: Viral Netizen Makan Sushi Pakai Nasi, Ini Cara yang Benar!

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com