Seperti Ini Menu Takjil Buka Puasa di Masjidil Haram Mekkah

Riska Fitria - detikFood Jumat, 07 Mei 2021 15:00 WIB
Seperti Ini Menu Takjil Buka Puasa di Masjidil Haram Mekkah Foto: YouTube Yusuf Musfi/Instagram @Yusuf_musfi
Jakarta -

Menginjakkan kaki di tanah suci adalah impian semua umat Muslim. Apalagi berkesempatan datang di bulan suci Ramadhan, sehingga bisa merasakan buka puasa di Masjidil Haram.

Masjidil Haram atau Masjid al-Haram adalah bangunan masjid yang berlokasi di pusat kota Mekkah dan menjadi tujuan udala dalam ibadah haji. Karenanya masjid tersebut dipandang sebagai tempat yang suci.

Banyak umat Muslim yang penasaran dengan suasana Masjidil Haram terutama saat bulan Ramadhan. Seorang YouTube bernama Yusuf Musfi pun membagikan pengalamannya berbuka puasa di masjid suci tersebut.

Baca Juga : Ini Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi Madinah

Seperti Ini Menu Takjil Buka Puasa di Masjidil Haram MekkahSeperti Ini Menu Takjil Buka Puasa di Masjidil Haram Mekkah Foto: YouTube Yusuf Musfi

Dalam video yang berdurasi 13 menit (06/05) tersebut, Yusuf memperlihatkan bagaimana suasana Masjidil Haram yang dipenuhi jamaah menjelang waktu buka puasa. Di masjid tersebut juga dibagikan takjil untuk berbuka.

Kepada detikcom (06/05) Masjidil Haram memang selalu memberikan takjil buka puasa setiap bulan Ramadhan. Walaupun ada beberapa perbedaan antara sebelum pandemi COVID-19 dan setelah pandemi.

"Ya kalau bulan suci Ramadhan itu, itu di Masjidil haram ada takjil buka. Jadi kalau sebelum ada corona memang ada sebagian orang yang sedekah makanan di bulan Ramadhan karena pahalanya berkali-kali lipat," ujar Yusuf Musfi.

Seperti Ini Menu Takjil Buka Puasa di Masjidil Haram MekkahSeperti Ini Menu Takjil Buka Puasa di Masjidil Haram Mekkah Foto: YouTube Yusuf Musfi

Lebih lanjut, Yusuf juga menjelaskan ada beberapa menu takjil yang diberikan oleh petugas di Masjidil Haram. Menu tersebut diantaranya ada air zam-zam, jus apel, kurma, roti, lengkap dengan masker.

Sementara itu, Yusuf sedikit menjelaskan tentang khasiat air zam-zam. "Kalau minum air zam-zam masyaAllah, kalau diniatkan ingin sembuh dari penyakit, makai insyaAllah sembuh," ujarnya di video.

Selain itu, dalam video yang diunggah oleh Yusuf juga memperlihatkan suasana Masjidilharam yang megah. Yusuf juga menceritakan adanya perbedaan dalam beribahah di Masjidilharam semenjak pandemi COVID-19.

Seperti Ini Menu Takjil Buka Puasa di Masjidil Haram MekkahSeperti Ini Menu Takjil Buka Puasa di Masjidil Haram Mekkah Foto: YouTube Yusuf Musfi

"Pas pandemi tidak disediakan karpet dan Al-Quran. Tapi, di 10 hari terakhir ramadhan ini disediakan, alhamdulillah," ujarnya dalam video.

Video pengalaman berbuka puasa di Masjidil Haram itu pun ditanggapi oleh netizen. Tak sedikit netizen yang mengharapkan agar mereka bisa juga menginjakkan kaki di tanah suci.

"Wow enaknya, ingat saat aku pas puasa ke sana ustad. Jadi pingin ke sana," tulis netizen.

"MasyaAllah, semoga bisa kembali lagi ke tanah suci bersama kedua orang tua, aamiin ya Allah," tulis netizen lainnya.

Baca Juga : Reaksi Orang Turki Buka Puasa pakai Makanan khas Indonesia



Simak Video "Surabi Kurma, Menu Takjil untuk Berbuka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com