Ini Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi Madinah

Riska Fitria - detikFood Kamis, 06 Mei 2021 15:30 WIB
Ini Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi Madinah Foto: YouTube Si Dwy 22 Madinah
Jakarta -

Seorang YouTuber membagikan pengalaman berbuka puasa di Masjid Nabawi, Madinah. Ia juga memperlihatkan menu buka puasa yang diberikan secara gratis. Ada apa saja?

Masjid Nabawi merupakan masjid yang didirikan secara langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Lokasi masjid Nabawi ada di pusat kota Madinah, Arab Saudi. Masjid Nabawi kini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia.

Maka tak heran, masjid ini merupakan bangunan yang bersejarah bagi umat Muslim. Karenanya dapat kesempatan menjalankan ibadah di masjid Nabawi adalah impian semua Muslim.

Baca Juga : Keseruan Jerome Polin Bikin Takjil untuk Buka Puasa di Jepang

Ini Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi MadinahIni Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi Madinah Foto: YouTube Si Dwy 22 Madinah

Di bulan suci Ramadhan seperti ini, tentunya masjid Nabawi dipenuhi oleh para jamaah yang ingin menjalankan ibadah sholat. Selain itu, banyak juga jamaah yang berbuka puasa di masjid tersebut.

Pengalaman berbuka puasa di masjid Nabawi dibagikan oleh seorang YouTuber asal Indonesia yang menetap di Madinah. YouTuber tersebut bernama Dwy Abdurrahman yang eksis lewat channel YouTube Si Dwy 22 Madinah.

Dalam beberapa video di channel YouTubenya, Dwy sering membagikan kesehariannya di Madinah. Salah satunya momen berbuka puasa di masjid Nabawi. Dwy juga memperlihatkan suasana dan menu berbuka puasa di sana.

Ini Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi MadinahIni Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi Madinah Foto: YouTube Si Dwy 22 Madinah

Terlihat dalam video, begitu adzan maghrib berkumandang, semua jamaah langsung membatalkan puasanya dengan makanan yang sudah diberikan.

Makanan tersebut ada mulai dari kurma sebanyak 6 buah, roti, air zam-zam, air mineral, dakoh atau rempah-rempah khas Arab. Selain itu, juga dilengkapi dengan tisu basah.

Kepada detikcom (05/05) Dwy mengatakan bahwa menu buka puasa itu diberikan secara gratis dan disediakan langsung oleh pihak Masjid Nabawi yang dinamakan Hadiah Al Madinah Munawwarah.

"Semuanya gratis untuk jamaah yang berbuka di masjid Nabawi," ujar Dwy.

Ini Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi MadinahIni Menu Buka Puasa di Masjid Nabawi Madinah Foto: YouTube Si Dwy 22 Madinah

Lebih lanjut, Dwi juga menceritakan bahwa setiap Ramadhan, masjid Nabawi memang selalu menyediakan makanan untuk berbuka puasa. Namun, di tengah pandemi COVID-19 ada beberapa yang berubah.

"Setiap Ramadhan selalu disediakan makanan untuk buka puasa, kecuali di tahun 2020 kemarin karena masa pandemi jamaah tidak diizinkan untuk ke masjid Nabawi," tutur Dwy.

Di masa pandemi COVID-19 ini menu buka puasa yang disediakan oleh pihak masjid juga tidak pernah berubah. Padahal di masa normal menu buka puasa sangat beragam, karena banyak jamaah yang ikut menyediakan.

"Di waktu normal menu buka puasa sangat banyak pilihannya karena jamaah pun bisa menyediakan menu buka puasa. Menunya seperti nasi bukhari, al baik, buah-buahan dan menu lain sangat lengkap," ujar Dwy.

Baca Juga : Reaksi Orang Turki Buka Puasa pakai Makanan khas Indonesia



Simak Video "Patin Bakar Pedas dan Genjer Oncom yang Nikmat Buat Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com