Rekomendasi Buka Puasa

Sedep Mlekoh! 5 Nasi Gudeg Khas Jogja dengan Lauk Lengkap

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 06 Mei 2021 14:00 WIB
Sedep Mlekoh! 5 Nasi Gudeg Khas Jogja dengan Lauk Lengkap Foto: detikfood
Jakarta -

Nasi gudeg khas Jogja bisa jadi pilihan menu buka puasa yang nikmat mengenyangkan. Apalagi ditambah lauk lengkap seperti opor ayam, krecek pedas, hingga tempe tahu bacem!

Gudeg adalah makanan khas Jogja dan Solo yang populer. Terdapat perbedaan antara gudeg Jogja dan gudeg Solo. Ciri utamanya adalah nangka pada gudeg Jogja lebih kering dengan cita rasa manis, sedangkan gudeg Solo memiliki tekstur basah dan rasanya lebih gurih.

Di Jakarta, dua racikan gudeg ini cukup mudah ditemui, apalagi gudeg Jogja yang punya banyak penggemar. Bahkan gudeg Jogja ditawarkan di rumah makan dan warung-warung kaki lima berikut yang sudah tersohor dengan racikannya yang nikmat.

Nasi hangat dipadu nangka muda berwarna kecokelatan, telur bebek atau ayam, tempe tahu bacem, hingga krecek pedas. Bisa juga tambah lauk lain sesuai selera. Biasanya nasi gudeg Jogja disajikan di atas selembar daun pisang sehingga harum aromanya.

Nah, kalau buka puasa hari ini mau makan gudeg, berikut rekomendasi 5 nasi gudeg khas Jogja yang ditawarkan di kaki lima dan rumah makan:

1. Gudeg Pak Atmo

GudegSedep Mlekoh! 5 Nasi Gudeg Khas Jogja dengan Lauk Lengkap Foto: Getty Images/iStockphoto/Lutfi Hanafi

Gudeg Pak Atmo berlokasi di Jalan Gandaria 1 Persil 2, Jakarta Selatan. Racikan gudeg di sini terbilang legendaris karena sudah ada sejak 1963. Konon Pak Atmo adalah kepala koki di Istana Mangkunegara pada tahun 1927.

Ciri khas gudeg di sini adalah rasanya yang tidak terlalu manis dan agak basah. Teksturnya juga empuk dengan potongan kecil-kecil. Seporsi nasi gudeg dilengkapi dengan kuah areh, telur pindang, sambal goreng krecek dan sayur singkong rebus.

Untuk nasi gudeg lengkap dibanderol Rp68.750 di sini. Pilihan lainnya adalah nasi gudeg telur, nasi gudeg krecek, dan nasi gudeg ayam. Bisa juga membeli satu porsi krecek di sini.

Baca Juga: Gudeg Bu Tinah: Gudeg Kaki Lima Enak Langganan Megawati hingga Soeharto

2. Gudeg Suprapti

Sedep Mlekoh! 5 Nasi Gudeg Khas Jogja dengan Lauk LengkapSedep Mlekoh! 5 Nasi Gudeg Khas Jogja dengan Lauk Lengkap Foto: Instagram hendry.jonathan

Gudeg Suprapti atau Gudeg Bu Prapti juga bisa jadi pilihan untuk mencicipi gudeg Jogja enak di Jakarta. Lokasi warung ini ada di Jalan Kemanggisan Raya Nomor 9 RT04/RW05, Jakarta Barat.

Selama bulan puasa, Gudeg Bu Prapti buka mulai pukul 17.00-23.00. Menu andalan di sini adalah nasi gudeg dengan opor ayam pejantan. Racikan gudegnya juga dijamin sedep mlekoh karena dimasak sampai berjam-jam.

Gudeg Suprapti yang sudah jualan lebih dari 45 tahun ini juga menawarkan krecek yang super pedas dengan limpahan cabai rawit. Untuk lauk lainnya ada empal khas Jogja, semur telur bebek, atau telur bebek pedas. Harga nasi gudeg di sini mulai dari Rp16 ribuan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com