Kasihan! Tak Punya Uang, Ibu Ini Terpaksa Curi Makanan untuk Makan Anaknya

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 05 Mei 2021 06:00 WIB
Close-up of unrecognizable woman in stripped skirt hiding apple in pocket while stealing it in food store Foto: iStock
Jakarta -

Tak punya uang dan harus bertahan hidup membiayai pengobatan anaknya. Wanita ini terpaksa curi makanan agar bisa memberi makan anaknya.

Kisah perjuangan seorang ibu yang memiliki kebutuhan khusus, terpaksa harus mencuri makanan agar anaknya tetap bisa makan. Aksinya ini ia lakukan setelah tunjangan dari pemerintah dihentikan untuk membantunya.

Baca Juga: Terekam Kamera! 5 Aksi Menjijikkan Tikus Mencuri Makanan

Dilansir dari Daily Mail Uk (04/05), wanita bernama Lisa dari Melbourne, Australia ini, mengalami serangan stroke yang membuatnya sebagian tubuhnya lumpuh.

Meski fungsi tubuhnya sudah tidak sempurna, tapi Lisa tetap berusaha keras untuk mencari uang. Ia merasa beruntung mendapatkan tunjangan pemerintah lewat program 'JobSeeker', yang diluncurkan untuk meringankan beban orang-orang saat pandemi.

Kasihan! Tak Punya Uang, Ibu Ini Terpaksa Curi Makanan untuk Makan AnaknyaKasihan! Tak Punya Uang, Ibu Ini Terpaksa Curi Makanan untuk Makan Anaknya Foto: Daily Mail UK

Tapi setelah tunjangan itu dihentikan, kini penghasilannya tak lebih dari AUD 330 (Rp 3,6 jt). Ditambah sang putri menderita gangguan makan, yang membuat Lisa harus banting tulang untuk mencari makanan khusus. Karena jika tidak bisa berakibat fatal untuk sang putri.

"Kini setiap harinya saya hanya bisa menghabiskan uang AUD 20 (Rp 334.000) dengan kondisi anak saya yang sakit," curhat Lisa.

Lisa sendiri tak punya pilihan lain selain diam-diam mencuri makanan di toko atau di supermarket. Saat itu berat badan putrinya hanya 36 kg di usia 18 tahun. Jika Lisa tidak memberikannya buah atau sayuran, tubuh putrinya akan semakin sakit.

Lisa pernah mencuri susu, pisang, roti, sabun hingga shampo. Ada beberapa pemilik toko yang memergoki aksinya. Namun mereka semua melepaskan Lisa, setelah tahu alasan Lisa mencuri.

Kasihan! Tak Punya Uang, Ibu Ini Terpaksa Curi Makanan untuk Makan AnaknyaKasihan! Tak Punya Uang, Ibu Ini Terpaksa Curi Makanan untuk Makan Anaknya Foto: Daily Mail UK

"Mereka hanya berpesan jangan jadikan kebiasaan mencuri untuk makan. Saya tentu merasa sangat malu dan bersalah saat mencuri makanan, tapi saya tidak memiliki pilihan lain. Biasanya saya hanya minum kopi di minimarket, atau makan mie. Saya sering tidak makan seharian penuh," ungkapnya.

Ibu dari 3 anak ini juga harus menyokong kehidupan dua anak lainnya. Meskipun Lisa sendiri kesulitan mencari pekerjaan karena kondisinya.

Pemerintah Australia sendiri terbilang aktif dalam menolong warganya yang kesulitan secara finansial. Hanya saja mereka memiliki beberapa kebijakan permanen yang tidak bisa diganggu gugat.

Tak hanya Lisa yang mencuri makanan untuk bertahan hidup. Sebelumnya banyak kisah serupa, di mana orang-orang terpaksa mencuri makanan karena kelaparan dan tak memiliki pilihan lain.

Baca Juga: Miris! 5 Kasus Pencurian Makanan Ini Dilakukan Karena Kelaparan



Simak Video "Nostalgia Kuliner Tempo Dulu Khas Jateng-Jatim di Jaksel"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com