Batalkah Puasa jika Ada Sisa Makanan di Gigi dan Tertelan?

Riska Fitria - detikFood Senin, 03 Mei 2021 03:00 WIB
Batalkah Puasa jika Ada Sisa Makanan di Gigi dan Tertelan? Foto: iStock
Jakarta -

Setelah sahur sebaiknya membersihkan gigi agar tidak ada makanan tersisa. Namun, bagaimana hukum puasa jika sisa makanan masih terselip di gigi dan tertelan?

Bukan tidak mungkin jika usai makan pasti ada sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi. Jika di luar waktu puasa, tentu itu adalah hal yang wajar dan bisa dibersihkan kapan saja.

Selain itu, jika sisa makanan tersebut tertelan pun bukan merupakan masalah. Namun, bagaimana jika hal tersebut terjadi di waktu puasa? Apakah hal tersebut bisa membatalkan puasa?.

Baca Juga : Ini Hukum Membuka Warung Makan di Siang Hari saat Bulan Puasa

Batalkah Puasa jika Ada Sisa Makanan di Gigi dan Tertelan?Batalkah Puasa jika Ada Sisa Makanan di Gigi dan Tertelan? Foto: iStock

Dilansir dari NU Online, kondisi seperti itu tidak membatalkan puasa. Hal tersebut pernah diterangkan oleh Syekh Zainuddin Abdul Aziz Al-Malibari, seorang ulama dalam kitab Fathul Mu'in.

"Jika ada makanan tersisa di sela gigi orang berpuasa, lalu liurnya secara alamiah tanpa kesengajaan membawa sisa makanan itu masuk ke rongga perut, maka puasanya tidak batal karena dua pertimbangan," ujar Syekh Zainuddin.

Pertimbangan yang pertama, ibadah puasa akan tetap sah sebatas ia tidak mampu membedakan mana sisa makanan itu untuk lalu membuangnya.

Batalkah Puasa jika Ada Sisa Makanan di Gigi dan Tertelan?Batalkah Puasa jika Ada Sisa Makanan di Gigi dan Tertelan? Foto: iStock

Kedua, puasanya tetap sah sejauh ia tidak membersihkan sisa makanan di sela giginya sementara ia sadar ada sisa makanan dan akan terbawa aliran liurnya di waktu siang berpuasa.

Lebih lanjut, saat berpuasa seseorang memang dituntut untuk membedakan sisa makanan dan mengeluarkannya dari mulut. Karenanya sangat dianjurkan untuk membersihkan sela-sela gigi setelah sahur.

Batalkah Puasa jika Ada Sisa Makanan di Gigi dan Tertelan?Batalkah Puasa jika Ada Sisa Makanan di Gigi dan Tertelan? Foto: iStock

Namun, jika seseorang tersebut menemukan sisa makanan lalu menelannya secara sengaja, maka jelas puasanya batal.

Lantas bagaimana solusinya jika menemukan sisa makanan yang terselip di gigi? Ustad Maulana menganjurkan apabila sisa makanan memungkinkan untuk dikeluarkan, maka sebaiknya diludahkan saja.

Baca Juga : Hukum Mencicipi Makanan Saat Memasak Hidangan untuk Buka Puasa



Simak Video "Bikin Laper: Takjil Gorengan Bertabur Cokelat Warna-warni"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com