Makanan yang Mengandung Omega 3 Tinggi Bisa Perpanjang Umur, Ini Kata Ahli

Diah Afrilian - detikFood Sabtu, 01 Mei 2021 06:00 WIB
Makanan yang Mengandung Omega 3 Tinggi Bisa Perpanjang Umur, Ini Kata Ahli Foto: iStock
Jakarta -

Beberapa bahan makanan memiliki kandungan nutrisi super, seperti makanan yang mengandung omega 3 tinggi ini. Konsumsinya disebut bisa memperpanjang umur.

Bahan makanan memiliki kandungan vitamin, nutrisi dan mineralnya masing-masing. Kandungan-kandungan tersebut juga memiliki manfaat yang berbeda-beda yang bisa didapatkan oleh tubuh dengan mengonsumsinya.

Misalnya seperti vitamin C yang baik bagi imunitas, begitu pula pada kandungan omega 3. Omega 3 merupakan jenis asam lemak yang biasanya banyak terdapat pada makanan dengan kandungan lemak sehat. Makanan yang mengandung omega 3 tinggi antara lain ikan, telur, alpukat dan sebagainya.

Makanan yang Mengandung Omega 3 Tinggi Bisa Perpanjang Umur, Ini Kata AhliMakanan yang Mengandung Omega 3 Tinggi Bisa Perpanjang Umur, Ini Kata Ahli Foto: iStock

Omega 3 diketahui sangat baik untuk perkembangan otak, kesehatan jantung serta membantu tubuh untuk menyerap vitamin A, D, E dan K. Tak hanya itu, ternyata sebuah penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi makanan yang mengandung omega 3 tinggi terkait dengan ekspektasi hidup yang lebih tinggi atau bisa dikatakan dapat memperpanjang usia.

Dilansir melalui Health Shots (25/4), beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengetahui kaitan antara asam lemak omega 3 dengan dampaknya terhadap penyakit yang menyerang jantung, otak dan otot. Ternyata, hasil lebih lanjutnya justru didapatkan yaitu kaitannya dengan memperpanjang usia hidup.

Baca juga: Konsumsi 7 Makanan Tinggi Selenium Ini Agar Panjang Umur

Makanan yang Mengandung Omega 3 Tinggi Bisa Perpanjang Umur, Ini Kata AhliMakanan yang Mengandung Omega 3 Tinggi Bisa Perpanjang Umur, Ini Kata Ahli Foto: iStock

Salah satu pembuktiannya bahkan bisa dilihat dari rata-rata usia orang Jepang. Sebuah penelitian menemukan bahwa di Jepang orang-orang lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3 tinggi dibandingkan dengan orang lainnya di dunia. Para peneliti kemudian mengaitkan hal ini dengan usia harapan hidup orang Jepang yang lebih tinggi.

Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasi melalui Nature Communications telah berhasil mengamati FORCE atau Fatty Acid & Outcomes Research (Hasil Riset Asam Lemak). Penelitian ini menggabungkan beberapa peneliti di seluruh dunia untuk mengumpulkan data tentang kadar asam lemak dalam darah pada kelompok luas sebagai subjeknya. Kemudian, para peneliti ini akan memantau subjek tersebut untuk beberapa tahun dan melihat penyakit apa yang berkembang pada tubuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com