3 Tips Buka Stoples Kue dengan Mudah dan Cepat

Diah Afrilian - detikFood Rabu, 28 Apr 2021 09:00 WIB
Kue lebaran Foto: Shutterstock
FOKUS BERITA 30 Resep Kue Lebaran
Jakarta -

Saat lebaran, membuka stoples kue kering memiliki tantangan sendiri. Mencari ujung selotip ternyata butuh trik seperti berikut ini.

Lebaran, biasanya identik dengan deretan stoples kue kering yang berjejer di ruang tamu. Kue kering sudah seperti sajian yang wajib ada di tiap perayaan hari raya.

Tetapi jika ingin menikmati kue kering yang renyah dan lezat ini diharuskan melewati sebuah tantangan terlebih dahulu. Membuka selotip perekat stoples menjadi hal yang seringkali menyulitkan sebelum memakan kue lebaran.

Ternyata, untuk menemukan ujung dan membuka selotip pada stoples kue lebaran ada cara dan triknya sendiri. Trik ini bahkan secara langsung dipraktikkan oleh para pedagang kue lebaran.

Berikut ini 3 cara mudah untuk membuka selotip kue lebaran ala detikfood yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber:

5 Resep Kue Kering Lebaran Klasik, Ada Kastengels dan Putri SaljuFoto: iStock

1. Meraba Perlahan Sekeliling Stoples

Pertama-tama, perhatikan baik-baik bagian tutup stoples. Jika kamu kesulitan menemukan ujung bagian atasnya coba untuk meraba dengan ujung jari secara perlahan.

Bagian ujung selotip akan ditandai dengan permukaan yang tidak rata. Setelah merasa ada permukaan yang tidak rata, coba gosok perlahan menggunakan ujung kuku. Pastikan arahnya mengikuti arah yang berlawanan dari permukaan yang tidak rata atau sedikit menonjol yang ditemukan.

Gosok sedikit hingga ujung selotip terlihat mengangkat, tarik perahan agar selotip tidak putus atau terbelah di bagian tengah. Jika dirasa ujung selotip sudah bisa ditarik, tarik perlahan hingga seluruh selotip yang mengelilingi stoples terlepas semua.

Baca juga: Ini Cara Mudah Cari Ujung Selotip di Sstoples Kue Lebaran

2. Menggunakan Cutter

Cara ini merupakan cara paling singkat dan memudahkan. Kamu tidak perlu bersusah payah untuk mencari ujung selotip atau meraba sekeliling stoples.

Siapkan sebuah cutter atau alat pemotong yang cukup tajam. Beri sayatan di bagian tengah antara tutup stoples dan wadah stoples. Lakukan sayatan panjang di sekeliling stoples mengikuti batas antara tutup dan wadah stoples.

Angkat perlahan tutup stoples. Bersihkan selotip yang masih menempel pada bagian pinggir tutup dan wadah stoples.

3. Buka Melalui ujung Bagian Bawah

kue lebaranFoto: shutterstock

Dibandingkan dengan mencari ujung selotip atas, mencari ujung selotip di bagian bawah akan jauh lebih mudah. Biasanya, ujung selotip bagian bawah akan lebih jelas terlihat dengan mata tanpa harus diraba sekelilingnya.

Secara perlahan, gosokkan ujung selotip tersebut dengan kuku jari. Jangan langsung ditarik ketika ujung selotip sudah terlihat sedikit terlepas. Lanjutkan untuk menggosok ujung selotip hingga seluruh bagian ujungnya terangkat termasuk pada bagian yang tertimbun lapisan selotip lainnya.

Jika dirasa sudah bisa ditarik, secara perlahan tarik ujung selotip dari arah bawah. Tarik selotip hingga selotip yang ada di sekelilingnya terangkat dan stoples kue sudah bisa dibuka.

Baca juga: Susah Buka Tutup Kaleng Kue, Video Viral Tamu Ini Bikin Ngakak



Simak Video "Cek Harga Aneka Kue dan Camilan untuk Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)
FOKUS BERITA 30 Resep Kue Lebaran

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com