Keutamaan Memberikan Makan Sahur Orang Lain

Riska Fitria - detikFood Rabu, 28 Apr 2021 03:00 WIB
Keutamaan Memberi Makan Sahur untuk Orang Lain Foto: iStock

3. Bukan Berarti Memberi Makan Berbuka tidak Dapat Pahala

Keutamaan Memberi Makan Sahur untuk Orang LainKeutamaan Memberi Makan Sahur untuk Orang Lain Foto: iStock

Hadist di atas menjelaskan tentang keutamaan seseorang memberikan makan sahur untuk orang lain. Namun, bukan berarti memberikan makan berbuka tidak mendapat pahala. Jelas, amalan tersebut juga mendapat banyak pahala.

Apalagi orang yang diberikan dalam kondisi haus dan lapar. Pahala tersebut juga didapat oleh orang yang memberi makanan sahur, bahkan lebih utama karena makanan sahur bertujuan untuk menguatkan orang yang berpuasa.

Sedangkan tujuan makanan berbuka adalah untuk menandai berakhirnya puasanya. Selain itu juga menguatkan orang berpuasa untuk beribadah pada malam harinya. Kamu tetap bisa bersedekah dengan memberi makanan buka puasa dan bisa mengimangi dengan memberi makan sahur.

4. Di Terangkan Lewat Syarah Sunan Tirmidzi

Keutamaan Memberi Makan Sahur untuk Orang LainKeutamaan Memberi Makan Sahur untuk Orang Lain Foto: iStock

Hal tersebut juga pernah dijelaskan dalam sebuah ucapan Syaikh Muhammad Al-Mukhtar Asy-Syinqithiu Hafidzhahullah dalam Syarah Sunan Tirmidzi.

"Diantara yang saya ingatkan adalah bahwasannya banyak orang yang sangat memperhatikan pemberian makanan berbuka, ini pasti memiliki keutamaan besar. Akan tetapi bagaimana menurutmu tentang keutamaan makanan yang bisa membuat orang terbantu puasanya, yaitu memberikan makan sahur,".

Lebih lanjut, sayangnya amalan tersebut sering ditinggalkan oleh manusia. Dengan memberi makan sahur dapat membantu banyak orang menjalankan kewajibannya dalam berpuasa.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com