Keutamaan Memberikan Makan Sahur Orang Lain

Riska Fitria - detikFood Rabu, 28 Apr 2021 03:00 WIB
Keutamaan Memberi Makan Sahur untuk Orang Lain Foto: iStock
Jakarta -

Memberi makan sahur orang lain ternyata merupakan sunnah yang mendatangkan banyak pahala. Namun sayangnya, amalan tersebut masih sering dilalaikan.

Bersedekah makanan kepada orang yang membutuhkan merupakan amalan yang baik dilakukan, terutama di bulan suci Ramadhan seperti ini. Kebanyakan orang bersedekah makanan untuk berbuka puasa.

Maka tak jarang, banyak orang yang turun ke jalan untuk membagikan makanan bagi pengguna jalan yang belum sempat tiba di rumah saat waktu berbuka. Selain sedekah makanan berbuka, kamu juga bisa sedekah makanan untuk sahur.

Ya, tahukah kamu bahwa memberi makan untuk orang lain merupakan sunnah mahrujah atau artinya sering dilalaikan oleh manusia. Padahal para salaf rahimahumullah sering melakukan amalan tersebut karena keutamannya.

Baca Juga : Ini Waktu yang Tepat Makan Sahur Sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW

1. Banyak Keberkahan dan Pahala

Keutamaan Memberi Makan Sahur untuk Orang LainKeutamaan Memberi Makan Sahur untuk Orang Lain Foto: iStock

Seperti yang pernah diterangkan oleh Nabi Muhammad SAW bahwa di waktu sahur ada banyak keberkahan dan pahala. Hal tersebut dijelaskan dalam hadist yang diriwayatkan dari Anas bin Malik.

"Sahurlah karena di sana terdapat keberkahan," (HR Bukhari: 1923).

Jadi, orang yang menyediakan makanan tentunya sangat diharapkan mendapatkan keberkahan yang berasal dari makanan ini. Selain itu, makanan sahur bisa membuat seseorang yang berpuasa menjadi kuat.

Dikutip dari Wahdah.co.id, orang yang memberi makan sahur bisa mendapat pahala, sesuai dengan hadist, "Barangsiapa yang menunjukkan suatu kebaikan, maka akan mendapat pahala orang yang melakukannya," (HR Muslim:
3/1506).

2. Makan Sahur Lebih Utama daripada Makan Berbuka Puasa

Keutamaan Memberi Makan Sahur untuk Orang LainKeutamaan Memberi Makan Sahur untuk Orang Lain Foto: iStock

Tahukah kamu bahwa makanan sahur disebut-sebut lebih utama daripada makan berbuka puasa? Itu karena makanan sahur disifati sebagai makanan berkah, sehingga memberi makanan sahur lebih diutamakan daripada berbuka.

"Sesungguhnya Allah dan para malaikatnya bersholawat, (Allah mencurahkan rahmatnya dan para malaikat mendoakan) atas orang yang bersahur," Hadist Riwayat Ibnu Hibban (3467).
Keutamaan ini tentunya juga didapatkan oleh orang yang memberikan makanan sahur untuk orang lain. Sebagaimana yang telah dijelasnya di atas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com