Fenomena saat Berbagi Takjil, Ada yang Serakah dan Ada yang Merasa Cukup

Riska Fitria - detikFood Selasa, 27 Apr 2021 12:00 WIB
Fenomena saat Berbagi Takjil, Ada yang Serakah dan Ada yang Merasa Cukup Foto: TikTok @sinfoniadewii / TikTok @cutfatimahhh
Jakarta -

Ada fenomena yang mencuri perhatian di tengah maraknya aksi sosial berbagi takjil buka puasa. Ada yang serakah dan ada pula yang merasa cukup. Keduanya bisa menjadi pelajaran.

Di bulan suci Ramadhan seperti ini memang sebaiknya melakukan banyak amalan untuk mendapat pahala dari Allah SWT. Ada banyak amalan, salah satunya dengan membagikan makanan untuk buka puasa atau hanya sekadar takjil.

Aksi sosial itu banyak dilakukan dari perorangan, kelompok atau komunitas. Mereka akan turun ke jalan untuk membagikan takjil untuk pengguna jalan di jam-jam mendekati waktu berbuka puasa.

Baca Juga : Keren! Pemuda Ini Borong Makanan Penjual Takjil untuk Dibagikan

Fenomena saat Berbagi Takjil, Ada yang Serakah dan Ada yang Merasa CukupFenomena saat Berbagi Takjil, Ada yang Serakah dan Ada yang Merasa Cukup Foto: TikTok @sinfoniadewii

Tentu saja, aksi sosial tersebut mendapat respon yang positif dari berbagai pihak. Namun, di tengah aksi kebaikan itu ada dua fenomena yang mencuri perhatian. Yang pertama adalah adanya pihak-pihak yang tamak.

Seperti yang diceritakan oleh pengguna TikTok dengan akun @sinfoniadewii (26/04). Dalam sebuah video ia memperlihatkan bagaimana sekumpulan ibu-ibu yang meminta takjil dalam jumlah yang banyak.

Bukan hanya itu, mereka juga meminta takjil dari orang yang berbeda. Takjil yang berhasil didapat langsung dibawa ke motornya yang diparkir agak jauh. Kemudian mereka kembali menunggu pihak lain yang membagikan takjil lagi.

@sinfoniadewii

niatnya ngasih, tapi kalo kaya gini jadi mikir😭 ##fyp ##janganlupaberbagi ##berbagitakjil ##GoyangShopee ##ramadhan

♬ Astaghfirullah - Album Version - Haddad Alwi

Terlihat juga dalam video, mereka berhasil mendapat berplastik-plastik takjil. Dikonfirmasi detikcom (27/04) kejadian ini terjadi di Klaten, Jawa Tengah.

"Satu orang bisa minta banyak banget, kayak 5 atau lebih gitu. Antara kesel dan sedih lihatnya. Serakah banget gak sih, malah jadi kaya kesempatan mereka gitu buka minta-minta," tulisnya dalam caption.

Dengan adanya pihak-pihak yang serakah, bisa jadi membuat orang lain yang membutuhkan tetap tidak kebagian. Misalnya pengguna jalan yang masih dalam perjalanan menuju rumah.

Fenomena saat Berbagi Takjil, Ada yang Serakah dan Ada yang Merasa CukupFenomena saat Berbagi Takjil, Ada yang Serakah dan Ada yang Merasa Cukup Foto: TikTok @cutfatimahhh

Sementara itu, ada fenomena lain yang justru menyentuh hati. Di mana sepasang suami dan istri yang menolak ketika diberikan makanan untuk buka puasa. Alasannya adalah karena mereka sudah mendapat makanan dari pihak lain.

Momen tersebut diceritakan lewat sebuah video di akun TikTok @cutfatimahhh (26/04) dan telah dikonfirmasi detikcom (27/04). Dalam video tersebut, terlihat ia tengah memberikan dua paket makanan untuk pasangan suami istri yang lewat di samping mobilnya.

Kemudian, suami istri tersebut menolak dengan bahasa yang sopan. Mereka mengatakan bahwa mereka baru saja dapat makanan dari pihak lain. Lebih lanjut, mereka mengatakan takut makanannya tidak habis jika diambil semua.

"Udah ada bu banyak," ujar si bapak. "Iya udah banyak, soalnya kita berdua doang, makasih ya kak," sambung sang istri.

Fenomena saat Berbagi Takjil, Ada yang Serakah dan Ada yang Merasa CukupFenomena saat Berbagi Takjil, Ada yang Serakah dan Ada yang Merasa Cukup Foto: TikTok @cutfatimahhh

Video tersebut pun menjadi viral dan mengundang berbagai tanggapan dari netizen. Banyak netizen yang merasa salut dan tersentuh dengan pasangan suami istri tersebut.

"Definisi gak mau ngambil rezeki orang lain. Sopan banget lagi nolaknya. Semoga mereka bahagia dan banyak rezeki, aamiin," tulis netizen.

"MashaAllah. Apalah daya tetangga yang pada bawa becak dan sengaja pakai baju gembel nimbrung di jalanan biar ada yang kasih," tulis netizen lainnya.

Kedua fenomena tersebut bisa menjadi pelajaran bagi kita semua untuk tidak serakah. Pasalnya ada rezeki orang lain yang mungkin lebih membutuhkan daripada kita. Selain itu, juga menghindari mubazir yang sangat dibenci Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW.

@cutfatimahhh

salutt!🥺 ##janganlupaberbagi

♬ original sound - ♡

Baca Juga : Ramadhan di Tengah Pandemi COVID-19, Ustaz Haikal Hassan Berbagi Takjil



Simak Video "Masak Masak: Resep Pancake Pisang Saus Karamel"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com