Ampuh! 4 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Noda Kuning pada Keramik

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 27 Apr 2021 12:30 WIB
Ampuh! 4 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Noda Kuning pada Keramik Foto: iStock
Jakarta -

Kerak berwarna kekuningan sering timbul di keramik toilet akibat terlalu banyak kena air. Noda kerak tersebut ternyata bisa dibersihkan dengan empat bahan dapur berikut.

Membersihkan peralatan di rumah memang cukup sulit jika tidak tahu triknya. Hanya dengan menggosok kuat atau menggunakan banyak cairan pembersih belum tentu bisa membersihkan noda yang menempel.

Pada beberapa peralatan yang sering terkena air mungkin akan dijumpai juga noda kekuningan yang menempel begitu kuat. Misalnya wastafel atau toilet. Ternyata noda kekuningan ini bisa diatasi hanya dengan bahan-bahan yang di dapur.

Beberapa bahan dapur memiliki kandungan yang ternyata ampuh untuk melunturkan noda-noda berkerak yang sulit dihilangkan. Tentunya ini akan sangat berguna untuk menjaga peralatan di rumah agar tetap bersih.

Berikut ini 4 bahan yang ada di dapur yang bisa membersihkan noda kekuningan pada keramik menurut Express UK (25/4):

Ampuh! 4 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Noda Kuning pada KeramikAmpuh! 4 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Noda Kuning pada Keramik Foto: iStock

1. Asam Sitrat

Para ahli di perusahaan pembersih mengatakan bahwa asam sitrat menjadi senyawa kimia yang sangat baik untuk digunakan sebagai bahan pembersih. Asam sitrat ini juga sangat umum ditemukan pada toko bahan kue dan dapur rumah tangga karena sering digunakan sebagai penambah rasa asam pada makanan dan minuman.

Selain dalam bentuk bahan kimia, asam sitrat juga banyak ditemukan pada buah-buah sitrus yang asam. Misalnya seperti lemon dan jeruk nipis.

Mencampurkan asam sitrat dengan air panas diketahui dapat berfungsi untuk membersihkan noda kerak kekuningan pada peralatan rumah tangga seperti toilet atau wastafel. Caranya cukup tuangkan larutan asam sitrat dengan air panas pada bagian noda, diamkan selama semalaman dan gosok pada pagi harinya. Noda kerak kekuningan akan dengan mudah menghilang.

Baca juga: 5 Manfaat Baking Soda yang Ampuh Bersihkan Perabot Rumah

2. Cuka

Ampuh! 4 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Noda Kuning pada KeramikAmpuh! 4 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Noda Kuning pada Keramik Foto: iStock

Cuka juga menjadi salah satu bahan populer di dapur. Biasanya cuka ditambahkan untuk membuat makanan terasa asam.

Tak hanya memberikan rasa asam pada makanan, cuka ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan di rumah seperti wastafel keramik ataupun toilet. Caranya pun cukup mudah dan tanpa memerlukan perlakuan khusus yang rumit.

Cukup semprotkan cuka pada bagian noda yang ingin dibersihkan. Diamkan selama semalam atau setidaknya beberapa jam, kemudian gosok noda tersebut dan bilas. Noda kerak kekuningan akan dengan otomatis bersih setelah cuka dibilas.

3. Baking Soda

Ampuh! 4 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Noda Kuning pada KeramikAmpuh! 4 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Noda Kuning pada Keramik Foto: iStock

Baking soda sering dipakai pada resep-resep kue. Ternyata selain untuk menghasilkan kue yang empuk dan mengembang, baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan beberapa peralatan di rumah yang memiliki noda berkerak kekuningan yang menempel.

Jika dicampurkan dengan bahan-bahan yang sebelumnya, baking soda akan memiliki fungsi yang lebih kuat dan hasil yang lebih bersih lagi. Hal ini disebabkan oleh mencampurkan baking soda dengan cuka dapat memicu reaksi kimia yang lebih tinggi sehingga akan lebih efektif untuk membersihkan noda membandel.

Caranya cukup campurkan baking soda dengan cuka dengan perbandingan 1:4 dan aduk hingga merata hingga mengeluarkan reaksi kimia seperti busa-busa. Kemudian, tuangkan campuran tersebut pada bagian noda yang ingin dibersihkan dan diamkan selama 10 menit hingga 1 jam. Bilas dengan air hangat atau cuka dan kamu akan menemukan noda membandel yang sudah hilang.

4. Soda

Ampuh! 4 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Noda Kuning pada KeramikAmpuh! 4 Bahan Dapur Ini Bisa Bersihkan Noda Kuning pada Keramik Foto: iStock

Soda akan terdengar menyegarkan jika ditambahkan es batu atau didinginkan. Ternyata tak hanya melepas dahaga, soda juga bisa digunakan dan ampuh untuk membersihkan kerak-kerak kekuningan pada toilet ataupun wastafel keramik.

Membersihkan noda toilet dengan soda sebenarnya sudah cukup banyak direkomendasikan dan yang mempraktikkannya. Tren membersihkan dengan soda ini juga sempat viral di media sosial seperti Instagram dan Tik Tok. Caranya pun cukup mudah jika ingin melakukannya di rumah.

Pertama-tama tuangkan soda pada bagian peralatan yang ingin dibersihkan nodanya. Diamkan selama semalaman atau hingga soda mulai mengering. Gosok bagian bernoda yang telah dituangkan soda dan kemudian bilas dengan air bersih. Dalam sekejap, noda kerak membandel akan luruh bersama dengan cairan soda tersebut.

Baca juga: Yuk, Bersihkan Perabot Dapur Dengan Bahan Makanan Ini!



Simak Video "Pembukaan Subway Indonesia yang Timbulkan Antrean Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com