5 Makanan Aneh dari Bagian Tubuh Hewan yang Digemari Banyak Orang

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 27 Apr 2021 11:30 WIB
5 Makanan Aneh dari Bagian Tubuh Hewan yang Digemari Banyak Orang Foto: Listverse/Site News
Jakarta -

Selain daging atau jeroan, banyak bagian daging hewan lainnya yang digunakan sebagai bahan makanan. Walau aneh tapi makanan-makanan ini banyak penggemarnya.

Makanan berbahan dasar daging hewan memang sudah umum. Ada yang menggunakan daging ayam, sapi, kambing, kalkun, seafood hingga babi.

Tapi di beberapa belahan negara lain, banyak makanan yang justru diciptakan dari bagian hewan tak biasa. Seperti telur semut dan semut merah yang dihaluskan, sampai bentuknya menyerupai selai.

Kemudian ada jajanan kaki lima di Meksiko, yang menggunakan bola mata sapi sebagai isian taco renyah.

Dilansir dari Listverse (26/04), berikut lima makanan aneh dari hewan yang digemari banyak orang.

1. Chaprah

5 Makanan Aneh dari Bagian Tubuh Hewan yang Digemari Banyak Orang5 Makanan Aneh dari Bagian Tubuh Hewan yang Digemari Banyak Orang Foto: Listverse/Site News

Berkunjung ke India, kamu akan disuguhkan dengan berbagai saus hingga bumbu unik. Salah satunya chutney, yang merupakan salah satu saus pelengkap untuk cocolan makanan.

Biasanya chutney dibuat dari halusan tomat, kacang, timun, kelapa sampai yogurt. Tapi di wilayah Chatisgarh, ada jenis chutney unik yang dikenal dengan nama chaprah.

Chaprah dibuat dari semut-semut merah yang dikeringkan, lengkap dengan telurnya kemudian dihaluskan menjadi selai. Rasa dari chaprah ini tentu saja menyengat, edas dan sedikit tajam. Bahkan selebriti chef Gordon Ramsay, pernah mencoba langsung chaprah saat ke India.

2. Taco Bola Mata Sapi

5 Makanan Aneh dari Bagian Tubuh Hewan yang Digemari Banyak Orang5 Makanan Aneh dari Bagian Tubuh Hewan yang Digemari Banyak Orang Foto: Listverse/Site News

Jika menyebut kata 'mata sapi', pasti kebanyakan orang berpikir tentang telur ceplok dengan kuning sempurna. Namun hal itu berbeda jauh dengan makanan yang satu ini.

Kalau ke Meksiko, jangan kaget melihat jajanan kaki lima yang menggunakan bola mata sapi mentah. Seperti taco yang dikenal dengan nama ojo. Sekilas ojo mirip seperti taco pada umumnya, menggunakan tortilla dari jagung, tambahan saus cabe, lemon dan alpukat.

Tapi bagian tengahnya ditambahkan dengan bola mata sapi yang dihaluskan. Walau penampilannya sedikit menjijikkan, orang-orang memuji rasanya yang juicy dan sedikit berlemak.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "5 Rekomendasi Makanan Idul Adha untuk Anak Kos Cek!"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com