30 Resep Kue Lebaran

5 Kue Kering Tradisional, Ada Keciput dan Biji Ketapang

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 23 Apr 2021 12:30 WIB
kue kering tradisional; kue satu dan kue keciput Foto: Instagram @mikegunner
FOKUS BERITA 30 Resep Kue Lebaran
Jakarta -

Kue kering lebaran sudah banyak tersebar di pasaran. Tak hanya yang modern, ada juga beragam kue kering tradisional yang bisa disajikan.

Walaupun lebaran masih lama, namun penjual kue kering di pasaran sudah mulai menjamur. Tersebar di pasar tradisional, toko online, hingga bakery premium.

Kalau ingin sesuatu yang berbeda, kamu bisa menyajikan kue kering tradisional saat lebaran. Kue kering tradisional ini rasanya juga tak kalah enak dari yang modern. Ada kue keciput hingga biji ketapang khas Betawi.

Berikut 5 kue kering tradisional untuk lebaran.

1. Kue Satu

kue kering tradisional; kue satu dan kue keciputkue kering tradisional; kue satu Foto: Instagram @cemilan_kabayan

Kue satu atau satru merupakan kue tradisional yang sering disajikan saat lebaran. Kue satu populer di daerah Jawa Tengah. Kue ini berwarna putih dengan tekstur yang agak kasar.

Kue sate terbuat dari bubuk kacang hijau kupas dan gula halus. Untuk membuatnya harus menggunakan cetakan khusus dari bahan kayu. Biasanya cetakan kue satu ini berukuran kecil.

Rasa dari kue satu ini manis berpasir karena bubuk kacang hijau. Namun, teksturnya rapuh begitu disantap. Karena diolah dengan adonan kering. Kalau ingin membelinya, kamu bisa mengunjungi toko online di Instagram @indy_cemalcemil.

2. Kue Keciput

kue kering tradisional; kue satu dan kue keciputkue kering tradisional; kue keciput Foto: Instagram @mikegunner

Keciput sekilas memiliki rupa yang mirip dengan onde-onde. Namun, berbentuk mini dengan rasa renyah manis dan gurih biji wijen.

Tekstur keciput sangat renyah dan di dalamnya kosong, sedangkan onde-onde bertekstur kenyal dan terdapat isian kacang hijau tumbuk. Kue ini terbuat dari adonan telur, margarin, dan tepung.

Kemudian dibentuk bola-bola kecil atau memanjang dan digulingkan ke atas wijen. Setelah itu, barulah digoreng hingga teksturnya renyah. Kabarnya kue keciput ini berasal dari Jepara, Jawa Tengah. Toko online yang menawarkan keciput ada di Instagram @salsafood.kudus.

Baca Juga: Komentar Para Bule di Bali Saat Cicip Kue Kering Lebaran

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Begini Jadinya Kalau Petai Diolah Jadi Kue Kering"
[Gambas:Video 20detik]
FOKUS BERITA 30 Resep Kue Lebaran
FOKUS BERITA 30 Resep Kue Lebaran

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com