Rekomendasi Buka Puasa

5 Sop Kambing Berkuah Gurih Spesial untuk Buka Puasa

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 22 Apr 2021 14:30 WIB
Sudi Mampir Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Mau yang hangat gurih buat berbuka puasa sore nanti? Sop kambing berkuah bening atau santan bisa jadi pilihan yang enak mengenyangkan.

Buka puasa paling enak menyantap hidangan hangat berkuah untuk mengisi ulang energi. Bagi penggemar hidangan kambing. Ada sop kambing kuah bening atau santan, yang bisa jadi pilihan menu buka puasa enak.

Tak sulit mencari sop kambing yang enak di sekitaran Jakarta. Rata-rata memang baru buka di sore hari, jadi pas sekalian untuk ngabuburit sore sambil menunggu waktu berbuka.

Berikut lima rekomendasi sop kambing terjangkau yang enak poll di daerah Jakarta.

1. Sop Kambing Sudi Mampir

Sudi MampirSudi Mampir Foto: dok. detikFood

Mampir ke Jalan Biak, Roxy, Jakarta Pusat. Kamu akan disambut dengan berbagai tenda kaki lima yang menjual berbagai jenis makanan. Salah satunya yang paling populer ada sop kambing punya warung tenda Sudi Mampir.

Tempat makan ini sudah eksis sejak tahun 1969. Menyajikan menu spesial seperti sop kambing dan sop daging sapi. Tak ketinggalan menu pelengkap sate ayam dan kambing yang maknyus.

Satu porsi sop kaki kambing kisaran harganya sekitar Rp 50.000. Tapi isiannya sangat lengkap, dan bisa disantap dua orang. Bisa pilih daging kaki, daging, jeroan dan masih banyak lagi.

Kuahnya diracik dengan susu tanpa santan, lengkap dengan minyak samin. Tak ketinggalan tomat dan emping yang gurih.

Sop Sudi Mampir
Jl. Biak No.50, Jakarta Pusat.
Buka Jam: 17.00
No Hp: 0878-7555-9662

Baca Juga: Racikan Sop Kambing Sudi Mampir Jl. Biak Populer Sejak 51 Tahun Lalu

2. Sop Kambing Bang Maman

Surga Sop Kaki Kambing dan Soto Enak di Sepotong Jalan BiakSurga Sop Kaki Kambing Foto: dok. detikFood

Di daerah Petamburan, ada tempat kulineran sop kambing enak yang cukp terkenal sejak dulu. Namanya Sop Kambing Bang Maman, dan konsepnya masih warung tenda.

Racikan sop kambingnya memadukan bumbu khas Betawi dan Arab yang gurih sedap. Uniknya warung tenda ini berada di area parkir pemakaman TPU Petamburan. Tapi tetap ramai diburu pembeli.

Kuahnya segar dengan potongan tomat dan wortel yang besar. Pilihan daging kambingnya juga banyak, dan yang pasti aromanya tetap harum. Seporsi sop kambing ini berkisar di harga Rp 37.000. Tersedia juga menu gulai dan sate kambing.

Sop Kambing Bang Maman
JL. KS Tubun. No. 33.
Petamburan, Tanah Abang.
Jam Buka: 17.00
Telp: 0819-7715-0377

3. Sop Kaki Kambing Bang Karim

Surga Sop Kaki Kambing dan Soto Enak di Sepotong Jalan BiakSurga Sop Kambing Foto: dok. detikFood

Sekilas sop kaki kambing di warung ini mirip seperti soto betawi karena diolah dengan tambahan susu pada kuahnya. Inilah yang membuat rasanya semakin gurih dan creamy.

Daging kambingnya juga taak kalah juara, teksturnya empuk dan juicy. Jadi tak heran jika warung yang buka selepas maghrib ini selalu ramai diantre pembeli. Meskipun enak, tapi jangan sampai kalap saat melahapnya ya!

Kisaran harganya juga masih ramah di kantong dengan kualitas sop yang enak. Dengan porsi daging kambing hingga jeroan yang lengkap, harganya sekitar Rp 45.000. Bisa tambah extra kaki kambing Rp 23.000.

Sop Kaki Kambing Bang Karim
Jl. KH. Mas Mansyur, Kebon Melati.
Tanah Abang
Jakarta Pusat.
Telp: 081218051805

4. Sop Kaki Kambing Ampera 18

sop kaki kambingsop kaki kambing Foto: dok. detikFood

Terletak di Ampera Raya, Sop Kaki Kambing Ampera 18 punya menu sop kambing enak khas Betawi. Pilihan makanan pelengkapnya juga beragam, cocok untuk buka puasa.

Untuk menu sop kambingnya harganya sekitar Rp 40.000. Kemudian ada sop daging kambing Rp 30.000. Kalau suka sop kambing campur jeroan, harganya lebih murah sekitar Rp 25.000.

Kuahnya gurih santan enak, dengan tambahan ekstra emping dan tomat. Bisa pesan sop iga sapi, tongseng ayam, hingga sop ayam yang gurih hangat.

Sop Kaki Kambing Ampera 18
Jl. Ampera Raya No. 6, Cilandak, Jakarta Selatan.
Telp: 0878-7752-1449
Jam Buka: 12.00

5. Sop Kaki Kambing Irwan

Sudi MampirSop Foto: dok. detikFood

Sop kaki kambing yang sedap dengan kuah kental dan berbumbu pekat bisa dinikmati di kedang Bang Irwan yang ada di bilangan Panglima Polim, Melawai, Jakarta Selatan.

Di sini kamu bisa merasakan kelezatan empuknya daging kambing yang direbus lama dalam kuah kaldu berbumbu kuat. Karena disajikan hangat-hangat, aroma sop kaki kambing di sini langsung menggoda selera. Seruput juga sumsum dari rongga tulang kaki kambingnya.

Bisa juga request tambah minyak samin sesuai selera, atau sambal ekstra pedasnya yang bikin nagih. Harganya untuk satu porsi sekitar sop kaki sekitar Rp 40.000. Gratis teh tawar hangat.

Sop Kaki Kambing Irwan
Jl. Panglima Polim III, No 56
Melawai, Jakarta Selatan
Telepon : 083162281040
Jam Buka: 12.00

Baca Juga: RM H. Sadjim: Nyuss! Empuknya Sate Kambing Khas Tegal Berbumbu Kecap yang Gurih



Simak Video "Gurihnya Kuah dari Sop Kaki Kambing Dudung Roxy"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com