Racikan Sop Kambing Sudi Mampir Jl. Biak Populer Sejak 51 Tahun Lalu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 17 Sep 2020 13:30 WIB
Sudi Mampir Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Sop kambing Sudi Mampir merupakan salah satu pilihan kuliner di Jalan Biak Roxy. Racikannya sangat legendaris karena sudah populer sejak 1969!

Sop kambing merupakan menu populer di Jalan Biak, Roxy, Jakarta Pusat. Pasalnya mulai sore hari, warung-warung tenda akan bermunculan menjajakan menu ini sampai dini hari. Meski racikannya sama-sama sop kambing, tiap tempat seolah sudah punya peminat masing-masing.

Salah satu yang populer adalah warung tenda Sudi Mampir. Di spanduknya tertulis jelas "Sejak 1969". Disusul dengan keterangan menu andalan, sop kaki kambing, sate ayam dan kambing, serta sop daging sapi.

Sudi MampirSudi Mampir Foto: dok. detikFood

Kepada detikFood (3/9), Reza selaku pemilik Sudi Mampir mengatakan dirinya adalah generasi kedua penerus usaha makanan kaki lima ini. "Awalnya sih dari almarhum bapak dan ibu saya. Buka dari tahun 1969, beliau merintis dari awal," kata Reza.

Baca Juga: Surga Sop Kaki Kambing dan Soto Enak di Sepotong Jalan Biak

Bukan tanpa perjuangan, bapak dan ibu Reza juga sempat alami masa jatuh bangun dalam berusaha. "Kalau saya dengar perjuangannya lumayan berat. Nggak ada yang makan sampai jual barang juga," lanjutnya.

Namun berkat kegigihan keduanya, Sudi Mampir masih bertahan hingga sekarang. Mendiang H. Ismail, ayah Reza, seolah mewariskan bisnis ini pada anak-anaknya yang juga terjun langsung membantu.

Sudi MampirSudi Mampir Foto: dok. detikFood

Seporsi sop kaki kambing dibanderol Rp 55.000. Selain kaki, sebenarnya pengunjung juga bisa memilih isian lain seperti daging dan jeroan. Kuah sopnya gurih dan segar, diracik dengan susu (tanpa santan) dan minyak samin.

Pelengkap sop antara lain irisan tomat segar, daun bawang, emping, dan bawang goreng. Ada juga acar dan sambal cair yang bisa ditambah sesuai selera.

Tiap hari Reza berujar bisa menghabiskan 25 kepala dan kaki kambing. "Kalau pas tahun 1990-an bisa 50," terangnya. Kini setiap hari puluhan porsi sop kambing laku terjual.

Sudi MampirSudi Mampir Foto: dok. detikFood

"Kita tidak mengubah rasa. Dari bumbu-bumbu, semua tidak kita ubah. Pelayanan kita ke tamu, dan kebersihan dijaga pastinya," terang Reza soal kunci sukses usaha keluarganya.

Selain sop kambing, Sudi Mampir juga punya sop sapi. Kuah dan pelengkapnya sama, namun primadonanya adalah potongan daging sapi. Harganya Rp 45.000 per porsi.

Untuk menu lain ada sate kambing (Rp 60.000) dan sate ayam (Rp 30.000). Tiap porsinya berisi 10 tusuk.

Sudi MampirSudi Mampir Foto: dok. detikFood

Saat ini Sudi Mampir dikelola bersama 9 karyawan. Mereka semua sigap meracik pesanan pembeli. Karena areanya terbuka, pembeli bisa mengintip seperti apa cara mereka meracik pesanan.

Penggemar sop kambing dan sate kambing sebaiknya tak melewatkan menu legendaris di sini. Warung Sudi Mampir berada di depan Family Mart, Jalan Biak, Jakarta Pusat. Buka mulai sekitar pukul 17.00 WIB.

Baca Juga: Ada Sejak 1980 di Jl. Biak, Sop Kaki Sapi Pak Karto Selalu Jadi Incaran



Simak Video "Sop Kaki Kambingnya Dudung Roxy Gurih dan Nikmat"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)