Salut! Bocah Ini Jualan Cilung Demi Bisa Beli HP Baru Sendiri

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 22 Apr 2021 14:00 WIB
Kisah bocah jualan cilung demi bisa membeli HP baru dari uang hasil berjualan. Foto: TikTok @ekahairunisa6
Jakarta -

Kisah viral seorang bocah yang berjualan jajanan cilung menarik perhatian netizen. Karena, uang hasil jualannya ia tabung demi bisa membeli handphone baru.

Kisah inspiratif bisa datang dari siappun, tak terkecuali seorang bocah. Belum lama ini seorang bocah di TikTok viral karena ia berjualan jajanan cilung di depan rumahnya.

Video bocah bernama Rangga Aditya ini diunggah oleh sang ibu ke TikTok dengan akun @ekahairunisa6 (19/4). Dalam videonya, terlihat Rangga dengan cekatan memasak cilung (aci digulung) atau biasa disebut juga dengan papeda.

Kisah bocah jualan cilung demi bisa membeli HP baru dari uang hasil berjualan.Kisah bocah jualan cilung demi bisa membeli HP baru dari uang hasil berjualan. Foto: TikTok @ekahairunisa6

Telah dikonfirmasi oleh detikFood, Eka selaku ibu dari Rangga ini menjelaskan kalau anaknya berjualan cilung atas inisiatif sendiri. Rangga juga diketahui memang hobi membuat kue sejak dulu.

"Dia suka bikin kue kak. Pernah jualan juga di depan rumah martabak mini, martabak telur, cilok, suka banget masak dianya. Terus sekarang cilung (papeda)," cerita Eka kepada detikFood (21/4).

Baca Juga: Kisah Bocah SD Jualan Cilok Demi Beli Kuota Internet untuk Belajar Online

Kisah bocah jualan cilung demi bisa membeli HP baru dari uang hasil berjualan.Kisah bocah jualan cilung demi bisa membeli HP baru dari uang hasil berjualan. Foto: TikTok @ekahairunisa6

"Inisiatif sendiri, dia hanya minta modal minta beliin bahan-bahannya," lanjutnya.

Menurut cerita dari Eka, anaknya ini memiliki inisiatif berjualan karena ingin membeli handphone baru. Dikarenakan handphone lamanya telah rusak. Namun, Rangga tidak ingin menyusahkan orang tuanya, maka ia berjualan.

"HP dia rusak dan dia nggak minta sama sekali ke saya. Dia cuma bilang 'Mah aku pengen beli HP dah tapi jualan apa ya'. Aku bilang kamu sukanya bikin apa itu aja yang kamu jualan. Dan hampir tiap hari bikin papeda sampe berhasil dan berani untuk jualan," tutur Eka.

Bocah berusia 12 tahun ini berjualan cilung (papeda) di depan rumahnya sejak awal puasa Ramadhan 2021. Kebanyakan pembelinya dari teman dan tetangga. Uang hasil berjualannya selalu ia tabung sendiri.

Baca berita di halaman selanjutnya...

Rangga memiliki keahlian memasak sejak kelas 4 SD. Saat itu ia berjualan martabak mini. Saat disinggung soal bakat masaknya, Eka menjelaskan kalau anaknya itu belajar secara otodidak dengan hanya melihat video tutorial yang ada di YouTube.

"Belajar masaknya itu lihat di YouTube," ujar Eka.

Eka juga merasa kalau anaknya ini sangat mandiri dan bisa diandalkan. Karena saat Eka berkerja, Rangga biasa memasak untuk makan siang ayahnya yang sedang sakit.

"Alhamdulillah dia yang aku andalkan. Bisa masakin makan untuk ayahnya kalo siang, karena aku kerja," kata Eka.

Kisah bocah jualan cilung demi bisa membeli HP baru dari uang hasil berjualan.Kisah bocah jualan cilung demi bisa membeli HP baru dari uang hasil berjualan. Foto: TikTok @ekahairunisa6

Video saat Rangga berjualan cilung (papeda) telah ditonton lebih dari 1,5 juta kali. Banyak juga netizen yang berkomentar dan merasa salut atas kegigihan Rangga.

"Wah hebat! Masih kecil sudah bisa ngehasilin uang sendiri," komentar netizen.

"Semangat terus ya dek. Kakak yakin kamu bakal jadi orang yang sukses dengan jerih payahmu sendiri," sahut netizen lain.

Baca Juga: Bocah Kelas 3 SD Ini Harus Kayuh Sepeda 18 Km Demi Jualan Gorengan

(yms/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com