30 Resep Takjil Buka Puasa

Serunya Berburu Takjil di Kampung Ramadan Jogokariyan

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 22 Apr 2021 12:30 WIB
Berburu Takjil Nikmat di Kampung Ramadhan Jogokariyan, Yogyakarta. Foto: detikFood/Adjie Prasetya
Jakarta -

Menunggu waktu berbuka puasa paling asyik ke kampung ramadhan Jogokariyan. Ada beragam makanan dan minuman khas ramadhan yang murah dan enak.

Kampung Ramadan Jogokariyan dikenal masyarakat luas sebagai tempat ikonik saat bulan puasa. Ada beragam kegiatan dan juga banyak penjual makanan dan minuman yang menawarkan dagangannya.

Meskipun dilaksanakan pada sewaktu pandemi, namun Kampung Ramadan Jogokariyan 2021 sangat ramai akan pengunjung. Di sini juga disediakan makanan gratis untuk berbuka di masjid. Tersedia pula berbagai macam jenis takjil yang dijual di sepanjang jalan.

Kalau ke Kampung Ramadhan Jogokariyan jangan lupa mencicipi beberapa camilan enak dan murah ini.

Berburu Takjil Nikmat di Kampung Ramadhan Jogokariyan, Yogyakarta.Berburu Takjil Nikmat di Kampung Ramadhan Jogokariyan, Yogyakarta. Foto: detikFood/Adjie Prasetya

1. Lumpia Rebung

Umumnya lumpia dibuat dengan isian sayuran seprti kol, bengkuang, tauge dan wortel. Lumpia di sini dijual dengan isian perpaduan antara telur atau ayam dan rebung. Lumpia rebung merupakan lumpia ala Semarang.

Tunas bambu yang diiris halus memberi rasa renyah segar. Apalagi dipadukan dengan telur dan daging ayam. Bumbu bawang putih dan mericanya terasa mantap. Harga satu lumpia Rp 2.500 untuk isi telur dan Rp 3.000 untuk isi ayam. Harga yang cocok dan pas di kantong untuk menebus rasa renyah gurih lumpia di sini.

Baca juga: 3 Camilan Khas Jepang untuk Takjil Buka Puasa, Intip Cara Buatnya

2.Kue Leker Puter

Berburu Takjil Nikmat di Kampung Ramadhan Jogokariyan, Yogyakarta.Berburu Takjil Nikmat di Kampung Ramadhan Jogokariyan, Yogyakarta. Foto: detikFood/Adjie Prasetya

Sekilas kue ini mirip crepes, namun punya isian berbeda. Dengan suasana puasa dan banyak yang suka makanan manis, jenis makanan ini cocok untuk takjil. Ketika membeli di stand leker ini memang harus sedikit bersabar ya karena antrean lumayan panjang.

Leker yang berasal dari bahasa Belanda lekker yang artinya enak ini populer di Semarang. Adonan tepung encer dituang ke piring datar yang diputar sehingga membentuk adonan tipis. Diberi aneka isian seperti cokelat, kacang atau keju.

Harganya mulai Rp 2.000-Rp 7.000, tergantung isiannya. Rasanya renyah seperti kerupuk dan manis legit. Cocok buat takjil saat berbuka puasa.

3. Aneka Camilan Tradisional.

Berburu Takjil Nikmat di Kampung Ramadhan Jogokariyan, Yogyakarta.Berburu Takjil Nikmat di Kampung Ramadhan Jogokariyan, Yogyakarta. Foto: detikFood/Adjie Prasetya

Di ujung jalan dekat dengan SPBU Pertamina kamu bisa menjumpai salah satu stand yang menjual berbagai camilan. Hampir semua jenis makanan gurih dan manis ada di sini.

Berbagai makanan seperti onde-onde, telur gulung, risoles, dan banyak jenis lainnya terdapat di sini. Dimulai dari harga Rp 1.000 saja, kamu bisa pilih beragam camilan sebagai teman di saat berbuka puasa.

Baca juga: 5 Menu Takjil Buat Tadarus, Cocok untuk Melepas Dahaga



Simak Video "Buka Puasa ala Timur Tengah di Al Kabsa"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com