3 Camilan Khas Jepang untuk Takjil Buka Puasa, Intip Cara Buatnya

Angga Laraspati - detikFood Senin, 04 Mei 2020 13:46 WIB
Masak Foto: shutterstock
Jakarta -

Jepang merupakan suatu negara yang penuh dengan hal-hal yang menakjubkan dan menarik, mulai dari keindahan alam, budaya, hingga kulinernya. Tak heran jika saat ini banyak restoran Jepang yang berada di setiap penjuru dunia menyajikan makanan khas Negara Matahari Terbit tersebut.

Tidak hanya makanan utama, Jepang juga terkenal dengan berbagai macam makanan penutup yang pastinya enak untuk dinikmati bersama dengan keluarga. Apalagi saat bulan puasa kali ini, makanan-makanan yang manis bisa dijadikan sebagai makanan untuk menemani berbuka puasa.

Kira-kira apa saja ya makanan penutup dari Jepang yang bisa dijadikan makanan saat berbuka puasa? Bahkan makanan tersebut bisa dapat dibuat di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada. Yuk, intip daftarnya yang dikutip dari berbagai sumber berikut ini.

Taiyaki

Taiyaki adalah pancake berbentuk ikan yang sering ditemui di jalan-jalan Kota Jepang. Pancake ini biasanya diisi dengan kacang merah dan disajikan saat hangat. Taiyaki pun sekarang sudah bisa ditemukan di berbagai negara termasuk di Indonesia.

Cara membuatnya pun cukup mudah, yang perlu disiapkan adalah tepung terigu, baking soda, minyak goreng secukupnya, gula pasir, air putih, dan selai kacang merah serta cetakan ikan. Isian dari Taiyaki juga bisa diganti sesuai selera.

Untuk memasak Taiyaki ini diperlukan oven dengan suhu 180°. Pertama, yang harus dilakukan adalah mencampur semua bahan tersebut hingga menjadi adonan yang bagus dan tidak menggumpal. Perhatikan tingkat kematangan. Setelah itu, ketika 2 sisi adonan sudah mulai setengah matang, oleskan selai di antara dua adonan tersebut. Panaskan kembali dengan api kecil dan Taiyaki hangat siap untuk disantap.

Honey Toast

Ini merupakan makanan penutup khas Jepang yang sedikit menyimpang dari tradisi yang ada. Roti bakar madu ini banyak ditemui di cafe-cafe Jepang yang terdiri dari roti panggang yang besar dan halus. Camilan ini dikaramelisasikan dengan madu yang dilengkapi dengan es krim dan juga buah-buahan. Hidangan ini pun bisa dibuat di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang ada seperti roti, madu, dan juga es krim.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Panggang roti terlebih dahulu dan oleskan madu. Ketika sudah matang tambahkanlah topping sesuai selera seperti es krim, buah-buahan dan topping lainnya.

Anmitsu

Anmitsu merupakan makanan penutup yang sering ditemui ketika musim panas hadir di Jepang. Hidangan ini dapat dibuat dengan mudah dengan bahan-bahan yang ada di rumah, dan cara membuatnya tidak jauh beda dengan es serut ala Indonesia.

Makanan yang terlihat seperti es ini biasanya disajikan dengan menggunakan anko, dan juga agar-agar. Selain itu, bahan-bahan lainnya juga bisa dimasukkan seperti kacang-kacangan, es krim dan mochi.

Mochi pun kini mempunyai versi lainnya yaitu es krim mochi. Makanan satu ini merupakan perpaduan antara mochi yang diisi dengan es krim dengan berbagai rasa yang dipilih sesuai selera masing-masing.

Foto: Dok. AICE

Salah satu es krim mochi yang bisa Anda jadikan teman untuk berbuka puasa adalah es krim mochi dari AICE yang mempunyai rasa beragam. Anda pun dapat menemukan es krim mochi dari AICE di warung-warung terdekat dan juga membelinya secara online di klik.indomaret.

Jadi, tak perlu bingung untuk mencoba menu berbuka puasa ala orang Jepang, karena dengan membeli es krim mochi Anda sudah dapat merasakan makanan tradisional Jepang yang sudah dimodifikasi dengan memasukkan es krim ke dalamnya. Bagaimana, terdengar enak bukan?



Simak Video "Ini Cara Buat Dessert Mewah di Rumah ala Chef Karen dan Vidi Aldiano"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)