Hii! Restoran Jorok Ini Kedapatan Taruh Ayam Mentah di Lantai

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 20 Apr 2021 12:30 WIB
Hii! Restoran Jorok Ini Kedapatan Taruh Ayam Mentah di Lantai Foto: Asia One
Jakarta -

Restoran ini viral di Facebook setelah foto-foto kondisi restorannya yang jorok beredar luas. Terlihat ada ayam mentah ditaruh di lantai hingga bebek panggang digantung semalaman!

Kondisi restoran yang jorok bisa membuat pelanggan kehilangan selera bahkan kepercayaan untuk bersantap di sana lagi. Dikutip dari Asia One (20/4), baru-baru ini viral restoran di Singapura yang kedapatan tidak menerapkan praktik food hygiene di restorannya.

Berawal dari unggahan netizen Facebook bernama Haider Mail pada 16 April 2021. Ia menunjukkan kondisi sebuah restoran bebek panggang di wilayah Clementi bernama Hua Zai.

Terlihat pegawai di sana menaruh ayam mentah begitu saja di lantai yang kotor dan basah. Mail bahkan mengatakan pemandangan jorok ini bukan kali pertama ia lihat.

Unggahannya viral hingga dibagikan lebih dari 6 ribu kali. Netizen juga berbondong-bondong melaporkan hal ini ke Badan Makanan Singapura (SFA) untuk melakukan investigasi lebih lanjut.

Hii! Restoran Jorok Ini Kedapatan Taruh Ayam Mentah di LantaiHii! Restoran Jorok Ini Kedapatan Taruh Ayam Mentah di Lantai Foto: Asia One

Menanggapi hal ini, seorang pegawai restoran berdalih kalau ayam mentah ada di lantai lantaran kemasannya robek. Ia lantas lupa mengambilnya karena sibuk melayani pelanggan yang datang.

Pegawai itu juga menambahkan kalau ayam mentah yang ada di lantai tidak diolah. Ia bilang ayam itu dibuang setelahnya.

Baca Juga: Pemilik Restoran Jorok Ini Dipenjara dan Harus Bayar Denda 17 Juta

Tak berhenti di situ, pada unggahan Facebook berbeda, restoran Hua Zai di lokasi berbeda yaitu di Jalan Membina juga viral karena kondisi restorannya yang jorok.

Netizen Facebook, Sam Sammers mengaku melihat bebek panggang digantung di bagian belakang dapur. Bebek itu tetap di lokasi yang sama meski restoran sudah tutup.

Sam meyakini bebek panggang itu digantung semalaman. Ia juga mendengar dari pelanggan lain kalau pemandangan ini sudah biasa ditemui.

"Saya sungguh prihatin dengan orang-orang yang akan makan (bebek panggang) ini," kata netizen itu. Ia juga melihat ada beberapa tikus dan kecoa merangkak di kegelapan.

Hii! Restoran Jorok Ini Kedapatan Taruh Ayam Mentah di LantaiHii! Restoran Jorok Ini Kedapatan Taruh Ayam Mentah di Lantai Foto: Asia One

Pihak yang berwenang dari gerai Hua Zai ini berdalih pihaknya sudah mempraktikkan berbagai standar kebersihan makanan di restorannya. Adapun bebek yang digantung tujuannya untuk diangin-anginkan.

Ia bilang selama 3-4 jam sekali, pegawai restoran akan mengecek kondisinya. Bebek panggang itu juga akan dipanggang fresh sebelum dijual.

Sementara itu Badan Makanan Singapura (SFA) mengatakan tengah menginvestigasi laporan restoran jorok ini. "Keamanan pangan adalah tanggung jawab gerai," kata mereka.

Pihaknya melanjutkan, "SFA tidak akan ragu untuk mengambil tindakan penegakan hukum terhadap operator makanan yang melanggar aturan jika telah memperoleh bukti yang cukup."

Baca Juga: Jorok! 5 Dapur Restoran Ini Bikin Mual dan Tak Nafsu Makan

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com