Pemilik Restoran Jorok Ini Dipenjara dan Harus Bayar Denda 17 Juta

Riska Fitria - detikFood Senin, 20 Jan 2020 06:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Restoran jorok dengan dapur yang sangat kotor di China membuat pemiliknya harus mendekam dipenjara dan harus membayar denda sebesar Rp. 17 juta.

Tidak hanya sekadar menyajikan makanan untuk pengunjung, setiap restoran atau warung makan harus menjalankan standar operasional berupa kebersihan. Kebersihan itu mencakup banyak hal, mulai dari bahan-bahan yang digunakan, dapur dan peralatan, hingga area restoran itu sendiri.

Jika standar operasional berupa kebersihan itu tidak dijalankan dengan baik oleh pihak restoran, maka pemilik restoran harus menerima resikonya. Seperti yang dialami oleh seorang pria asal China ini.
Pemilik Restoran Jorok  Ini Dipenjara dan Harus Bayar Denda 17 JutaFoto: Istimewa

Pria tersebut adalah Zhi Zhao yang memiliki restoran takeaway bernama Chinese Grace di High Street, Cilgerran, China. Dilansir dari BBC (13/1) pria berusia 62 tahun tersebut kedapatan melanggar standar operasional pada restoran yang dijalani.

Inspeksi kebersihan menemukan bahwa dapur pada restoran jorok milik Zhi Zhao sangat jorok dan menjijikkan. Hal tersebut membuat dirinya harus terjerat 5 pelanggaran kebersihan makanan. Pelanggaran itu dibacakan oleh hakim di persidangan.

"Jika publik melihat keadaan dapur itu, maka kamu tidak akan pernah memiliki satu pelanggan pun," ujar Geraint Walters, salah satu hakim di persidangan kasus restoran jorok.
Pemilik Restoran Jorok  Ini Dipenjara dan Harus Bayar Denda 17 JutaFoto: Istimewa

Baca Juga : Langgar Keamanan dan Kebersihan, Restoran di India Didenda Rp. 280 Juta

Restoran jorok itu tidak hanya memiliki dapur yang kotor, tetapi juga penataan peralatan masak yang sangat berantakan dan terlihat begitu menjijikkan.

Dari pelanggaran yang dilakukan atas kasus restoran jorok itu membuat Zhi Zhao ditahan di penjara selam 4 bulan dan harus membayar denda sebesar Rp. 17,771,660.

Ternyata sebelumnya, Zhi Zhao sudah pernah dilarang meneruskan restorannya oleh Inspeksi Kebersihan karena hal yang sama. Namun, ia nekat meneruskan tanpa ada perubahan yang lebih baik.
Pemilik Restoran Jorok  Ini Dipenjara dan Harus Bayar Denda 17 JutaFoto: Istimewa

Dalam menjatuhkan hukuman, Mr. Walters mengatakan bahwa Zhao tidak memiliki konsep label makanan tau menyimpan catatan yang tepat saat menjalankan restorannya.

Sementara Zhi Zhao hanya mengakui tiga pelanggaran kebersihan makanan yang berkaitan dengan kondisi tempat itu. Salah satunya adalah gagal dalam mematuhi pemberitahuan peningkatan keamanan pangan dan menjalankan bisnis makanan setelah dilarang oleh Inspeksi Kebersihan.
Pemilik Restoran Jorok  Ini Dipenjara dan Harus Bayar Denda 17 JutaFoto: Istimewa

Kisah restoran jorok yang terjadi ini bukan pertama kalinya. Sebelumnya juga ada restoran di China yang terjerat kasus yang sama. Dapur pada restoran tersebut sangat kotor. Beruntung hal tersebut segera diketahui oleh seorang pelanggannya.

Pelanggan yang tak sengaja melihat kondisi dapur restoran yang sangat jorok, langsung merekamnya dalam bentuk video. Kemudian video tersebut dibagikan di media sosial dan menjadi viral. Sehingga pemilik restoran dituntut untuk menutup restorannya.

Baca Juga : Jorok! 5 Dapur Restoran Ini Bikin Mual dan Tak Nafsu Makan

Simak Video "5 Hidangan Istimewa yang Bikin Valentine Makin Berkesan"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)