Soto Mie Mang Ohim Populer Sejak 15 Tahun Lalu, Tercipta karena Kondisi Ini

Zahrah Zayyan Layalia - detikFood Selasa, 20 Apr 2021 10:30 WIB
soto mie mang ohim yang rasanya segar di Bogor Foto: detikFood/Zahrah Zayyan Layalia
Jakarta -

oto Mie Mang Ohim populer di Bogor. Racikannya terkenal nikmat dengan kuah bening plus risol renyah. Seperti ini cerita di balik berdirinya Soto Mie Mang Ohim.

Mampir ke Bogor rasanya tak lengkap tanpa mencicipi soto mie. Salah satu penjual soto mie yang tersohor akan kelezatan menunya adalah Soto Mie Mang Ohim.

Lokasi gerai Soto Mie Mang Ohim ada di Jalan Raya Taman Cimanggu No. 22. Pendirinya Mang Ohim yang memutuskan untuk membuat soto mie ini pada tahun 2005 atau sejak lebih dari 15 tahun lalu.

soto mie mang ohim yang rasanya segar di Bogorsoto mie mang ohim yang rasanya segar di Bogor Foto: detikFood/Zahrah Zayyan Layalia

Awalnya Mang Ohim berjualan soto mie di jalan raya utama Yasmin, dekat dengan Giant Yasmin. Namun tempat soto ini akhirnya berpindah tempat dan populer hingga sekarang.

Mang Ohim dan sang istri punya cerita unik di balik berdirinya gerai soto mie ini. Mereka awalnya berjualan ragam es, salah satunya es campur.

Namun karena memasuki musim hujan, Mang Ohim dan istrinya mencoba untuk mencari usaha lain sebagai pendamping es untuk terus bertahan.

Setelah melalui berbagai pengamatan, merekapun coba berjualan soto mie. Tentu saja soto mie-nya diracik berbeda dari soto mie di tempat lain.

soto mie mang ohim yang rasanya segar di Bogorsoto mie mang ohim yang rasanya segar di Bogor Foto: detikFood/Zahrah Zayyan Layalia

Baca Juga: Slurpp! Segarnya Soto Mie Bogor Racikan Mang Ohim

Mang Ohim menghadirkan kuah kaldu yang bening. Proses pembuatannya juga dilakukan di warung secara langsung agar rasa soto terasa masih fresh saat dicoba.

Setiap hari Mang Ohim bisa menghabiskan 20 kg daging, 6 kg mi, dan lebih dari 1.000 risol untuk menyediakan lebih dari 500 porsi soto mie. Jumlah ini bisa naik dua kali lipat saat akhir pekan.

Menurut Mang Ohim, dalam berjualan soto mie, ia selalu berpegang dengan tiga syarat atau prinsip. "Mang Ohim menekankan 3 syarat dalam berusaha yaitu sarana, rasa, dan bahasa," ujarnya pada detikfood beberapa waktu lalu.

soto mie mang ohim yang rasanya segar di Bogorsoto mie mang ohim yang rasanya segar di Bogor Foto: detikFood/Zahrah Zayyan Layalia

Mang Ohim selalu memperhatikan sarana agar para pelanggannya nyaman saat menyantap soto mie. Ia juga selalu memastikan cita rasa soto mie buatannya terjaga kualitasnya.

Tak kalah penting, Mang Ohim tidak melupakan tutur bahasa yang ramah agar para pelanggannya merasa nyaman dan senang menikmati soto mie di sini. Penggemar soto mie pastikan cicip menu racikan Mang Ohim ya!

Baca Juga: 20 Soto Mie Gurih Mantap Ada di Sini



Simak Video "Gurih Nikmat Soto Mie Bogor Ala Mang Ohim"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com