5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama!

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 15 Apr 2021 18:30 WIB
5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama! Foto: Getty Images/iStockphoto
Jakarta -

Setiap negara memiliki hidangan ayam yang khas. Ada lima hidangan ayam yang disebut paling enak di dunia, termasuk ayam goreng khas Indonesia.

Populer hampir di seluruh negara, ayam selalu jadi hidangan favorit banyak orang. Selain rasanya yang enak, kaya protein, mudah dicari, harganya juga lebih murah dibandingkan daging sapi atau kambing.

Tak terhitung berapa banyak hidangan ayam yang ada di setiap negara. Menurut Taste Atlas (15/04), ada lima hidangan ayam yang disebut memiliki rasa paling enak dan lezat di dunia.

Seperti 'Tikka', ayam panggang krispi berwarna kemerahan khas India yang kaya rempah. Kemudian ada Karahi, ayam gulai khas Pakistan yang empuk. Tak ketinggalan ayam goreng dari Indonesia.

Berikut lima hidangan ayam dari berbagai negara yang paling enak di dunia.

Baca Juga: Ini 3 Makanan Indonesia yang Masuk Daftar Makanan Terenak di Dunia!

1. Tikka

5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama!5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama! Foto: Getty Images/iStockphoto

Jadi menu wajib di setiap restoran khas India, sampai penjual kaki lima. Tikka merupakan ayam panggang renyah dan krispi khas Punjab, yang popularitasnya sampai Singapura dan Malaysia.

Tikka biasanya dibuat dari potongan daging ayam tanpa tulang. Kemudian dimarinasi dengan yogurt, dan rempah tradisional India. Seperti kunyit, bubuk cabe caynne, tambahan cabe asli, bawang putih hingga jahe.

Setelah dibumbui, potongan daging ayam kemudian dipanggang di atas arang menggunakan tandoor. Sejenis tempayan dari tanah liat yang berfungsi sebagai oven di India. Hasilnya ayam Tikka sangat krispi di luar, dan empuk di dalam.

Tikka bisa disantap dengan makanan apapun. Seperti nasi biryani, roti naan, kari hingga nasi lemak.

2. Karahi

5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama!5 Hidangan Ayam Paling Enak di Dunia, Indonesia Juara Pertama! Foto: Getty Images/iStockphoto

Masih dari wilayah Asia, hidangan ayam terenak di dunia selanjutnya ditempati oleh Pakistan. Negara ini punya hidangan ayam favorit bernama Karahi, yang juga populer di India Utara.

Nama Karahi diambil dari sebutan 'kental', karena hidangan ayam ini mirip seperti gulai yang dimasak selama beberapa jam hingga bumbunya meresap.

Bahan-bahan untuk membuat karahi cukup sederhana. Yaitu potongan ayam, tambahan bubuk cabe merah, jinten, garam masala, jahe, kapulaga, tomat dan bawang putih.

Karahi umumnya disantap dengan nasi, roti atau naan agar lebih kenyang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Bikin Laper: Kulit Ayam Goreng Krispi ala Dimas Beck"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com