Lauk Sahur Lezat

5 Makanan Enak Ini Sebaiknya Dihindari Saat Sahur Agar Puasa Nyaman

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 14 Apr 2021 04:00 WIB
Stink Beans , Parkia speciosa seeds or bitter bean. Foto: iStock
Jakarta -

Agar ibadah puasa di bulan Ramadan tetap nyaman, ada beberapa makanan yang harus dihindari saat makan sahur. Seperti kopi hingga makanan tinggi garam.

Agar puasa terasa nyaman sehari penuh, biasanya umat Islam melakukan sahur pada dini hari. Saat sahur biasanya mereka menyantap makanan yang mengenyangkan. Kalau di Indonesia, umumnya mengonsumsi nasi, lauk, dan sayur.

Pemilihan menu sahur harus lebih teliti. Mengingat menu sahur merupakan menu sarapan tetapi sekaligus pemasok energi sepanjang hari berpuasa. Agar tubuh tetap segar selama berpuasa.

Dilansir dari Rahet Bally (3/5), ada beberapa makanan yang harus dihindari saat makan sahur. Apa saja?

1. Kopi

Sebelum Ngopi, Cek Dulu Jumlah Kalori Berbagai Minuman Kopi Inikopi Foto: iStock

Bagi pecinta kopi, mereka tak bisa lepas dari nikmatnya minuman bercita rasa pahit ini. Setidaknya, mereka harus mengonsumsi kopi satu cangkir per hari. Namun, saat puasa sebaiknya mereka mengurangi untuk mengonsumsi kopi.

Jika terbiasa mengonsumsi kopi saat sarapan, sebaiknya jangan lakukan saat sahur tiba. Karena kopi mengandung kafein yang buruk bagi kesehatan tubuh selama puasa.

Kandungan kafein pada kopi sering memberikan efek seperti sakit perut hingga gelisah. Kafein pada kopi juga bisa membuat orang cenderung lebih sering buang air, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi selama berpuasa.

2. Makanan Tinggi Garam

Sejarah Menarik Terciptanya Hamburger hingga Keripik Kentangchips tinggi garam Foto: Getty Images/iStockphoto/Jamakosy

Memang tidak enak menyantap makanan tanpa garam, karena rasa asin salah satu yang bisa membuat makanan terasa lezat. Namun, jangan terlalu banyak juga menggunakan garam pada makanan, karena dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Salah satu efek buruk makanan tinggi garam adalah mudah sekali membuat orang yang menyantapnya menjadi haus. Agar tidak merasa haus selama berpuasa, sebaiknya mengurangi konsumsi makanan tinggi garam.

Baca Juga: Persiapan Puasa, Ini Cara Membersihkan Kulkas Agar Bebas Noda dan Bau

3. Makanan Tinggi Gula

Close up of a slice of chocolate cream pie with whipped creamClose up of a slice of chocolate cream pie with whipped cream Foto: Getty Images/iStockphoto

Telah banyak yang mengetahui kalau makanan tinggi gula sangat membahayakan untuk kesehatan tubuh. Selain bisa melonjakkan kadar gula darah, makanan tinggi gula juga bisa menyebabkan obesitas.

Tak hanya itu saja, ternyata makanan tinggi gula juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur. Karena, makanan tinggi gula bisa membuat tubuh cepat lelah dan hanya memberikan energi selama 3-4 jam saja. Makanan tinggi gula juga bisa memicu rasa lapar ketika sedang berpuasa.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com