Persiapan Puasa, Ini Cara Membersihkan Kulkas Agar Bebas Noda dan Bau

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 09 Apr 2021 07:00 WIB
Persiapan Puasa, Ini Cara Membersihkan Kulkas Agar Bebas Noda dan Bau Foto: Getty Images/iStockphoto/Jevtic
Jakarta -

Jelang puasa ada baiknya membersihkan alat-alat dapur yang sering dipakai. Berikut cara membersihkan kulkas agar bebas noda dan bau tak sedap.

Pekan ini banyak orang sudah membuat stok makanan untuk persiapan puasa. Makanan-makanan ini tentu akan lebih awet kualitasnya jika disimpan di kulkas.

Supaya penyimpanan makanan lebih efektif, kamu perlu memastikan kulkas dalam kondisi prima. Salah satunya adalah dengan membersihkan kulkas sebelum diisi stok makanan baru.

Tak sekadar mengelap bagian-bagian kulkas dengan lap, ada cara membersihkan kulkas yang efektif. Cara ini bisa menghilangkan noda-noda membandel di kulkas sekaligus mencegah bau tak sedap.

Dirangkum detikfood dari WikiHow (8/4), berikut cara membersihkan kulkas yang efektif dan bisa kamu tiru:

1. Siapkan bahan pembersih

Persiapan Puasa, Ini Cara Membersihkan Kulkas Agar Bebas Noda dan BauPersiapan Puasa, Ini Cara Membersihkan Kulkas Agar Bebas Noda dan Bau Foto: Getty Images/iStockphoto/Jevtic

Membersihkan kulkas tentu saja butuh alat dan bahan pembersih yang tepat. Kamu bisa siapkan lap handuk, sabun cuci piring, air hangat, dan soda kue sebagai 'senjata' utama.

Siapkan mangkuk, kemudian campurkan baking soda dan air hangat dengan komposisi 1:7. Alternatif selain soda kue adalah cuka putih, namun cairan ini agak berbau. Kemudian kamu bisa celupkan lap handuk ke dalamnya sebelum dipakai untuk mengelap bagian kulkas. Kalau mau lebih praktis, kamu bisa menaruh larutan ini ke dalam botol semprot dan gunakan secukupnya.

2. Kosongkan kulkas lebih dulu

Sebelum mengelap kulkas, kamu perlu mengosongkan kulkas lebih dulu. Kamu juga bisa sambil mengecek kualitas makanan dan masa kedaluwarsanya. Buang jika makanan sudah melewati masa kedaluwarsa atau terlihat tak bisa dimakan.

Lalu untuk bahan makanan segar yang dikeluarkan, kamu bisa menaruhnya sementara di cooler box supaya kesegarannya tetap terjaga. Hal lain yang perlu diperhatikan, saat mengosongkan kulkas, kamu tak perlu mencabut aliran listrik atau menyesuaikan suhunya. Kamu bisa langsung membersihkan bagian dalam dan luar kulkas.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com