Kenapa Makanan Mahal di Restoran Mewah Porsinya Malah Sedikit?

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 12 Apr 2021 16:00 WIB
Kenapa Makanan Mahal di Restoran Mewah Porsinya Malah Sedikit? Foto: Getty Images/GSPictures

3. Tak langsung bikin kenyang

Kenapa Makanan Mahal di Restoran Mewah Porsinya Malah Sedikit?Kenapa Makanan Mahal di Restoran Mewah Porsinya Malah Sedikit? Foto: Getty Images/GSPictures

Alasan selanjutnya mengapa makanan mahal di restoran mewah porsinya sedikit adalah untuk menghindarkan tamu langsung merasa kenyang. Sebab biasanya mereka menyuguhkan konsep set menu.

Artinya pengunjung bisa menikmati 3 porsi makanan atau lebih. Misalnya dari makanan pembuka, makanan utama, dan makanan penutup. Jumlah ini adalah minimal, bahkan restoran mewah ada yang menyajikan sampai 12 menu berbeda.

Kedua belas menu tersebut adalah finger foods, makanan pembuka, sup, salad, beberapa makanan utama, platter keju, dessert, minuman, dan lainnya. Bayangkan jika semua makanan tersebut disajikan dalam porsi besar, tamu bisa-bisa tidak sanggup menikmati semuanya.

Baca Juga: 7 Bahan Makanan Ini Ternyata Dipakai di Dapur Restoran Mewah

4. Tiap makanan adalah karya seni chef

Meski porsi yang disajikan sedikit, tamu perlu memahami kalau makanan itu dibuat dengan sungguh-sungguh oleh chef, layaknya karya seni. Chef akan menggunakan banyak kemampuan atau teknik memasak dalam menyajikan hidangan berporsi mungil tersebut.

Chef akan menganggap piring sebagai kanvas dan komponen-komponen makanan yang mungil sebagai cat lukisnya. Di Prancis bahkan ada sajian bernama Gargouillou yang terdiri dari setidaknya 16 makanan berbeda.

5. Tiap gigitan makanan akan dibuat berkesan

Kenapa Makanan Mahal di Restoran Mewah Porsinya Malah Sedikit?Kenapa Makanan Mahal di Restoran Mewah Porsinya Malah Sedikit? Foto: Getty Images/GSPictures

Alasan lain makanan mahal di restoran mewah porsinya malah sedikit adalah karena chef mencegah tamu merasa bosan dengan rasa makanan yang itu-itu saja. Chef lebih memilih menyajikan makanan sedikit-sedikit, namun rasanya berkesan.

Hal ini lantaran indera pengecap seseorang juga akan semakin kurang sensitif seiring banyaknya makanan yang dikunyah. Tak heran chef lebih memilih mementingkan kualitas makanan ketimbang porsi makanan.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com