5 Cara Membersihkan Talenan Kayu Agar Awet dan Tak Mudah Berjamur

Diah Afrilian - detikFood Senin, 12 Apr 2021 10:30 WIB
5 Cara Membersihkan Talenan Kayu Agar Awet dan Tak Mudah Berjamur Foto: iStock

3. Trik Tisu Dapur

5 Cara Membersihkan Talenan Kayu Agar Awet dan Tak Mudah Berjamur5 Cara Membersihkan Talenan Kayu Agar Awet dan Tak Mudah Berjamur Foto: iStock

Cara yang satu ini bisa digunakan jika talenan kayu akan kembali digunakan dalam waktu singkat. Kamu hanya butuh 2 lembar tisu dapur berukuran tebal, sedikit cuka dan hidrogen peroksida.

Cara yang satu ini menjadi cara membersihkan talenan kayu yang bisa diterapkan tepat setelah memotong suatu bahan makanan dan ingin lanjut memotong bahan makanan yang lainnya. Cukup rendam satu tisu dapur pada cuka dan satunya lagi pada hidrogen peroksida.

Setelah kedua tisu tersebut menyerap cuka dan hidrogen peroksida dengan baik, pertama, usapkan tisu yang direndam cuka. Kemudian lanjut dengan tisu yang direndam dalam hidrogen peroksida. Selesai!

4. Pembersihan Menyeluruh

Membersihkan talenan dengan cara yang satu ini tidak perlu dilakukan setiap waktu setelah memotong bahan makanan. Cukup lakukan secara berkala dalam beberapa waktu sekali.

Membersihkan talenan kayu dengan trik ini bisa digunakan jika kamu telah menggunakan talenan untuk bahan makanan dengan bau dan karakter yang kuat dalam jumlah banyak. Caranya yaitu dengan menggunakan 1 sdt pemutih dan 950 mililiter air.

Campurkan pemutih dan air. Rendam talenan kayu selama beberapa menit. Setelah dirasa cukup bersih dan kotorannya mulai rontok, bilas dengan air mengalir bersuhu hangat.

5. Metode Tercepat

5 Cara Membersihkan Talenan Kayu Agar Awet dan Tak Mudah Berjamur5 Cara Membersihkan Talenan Kayu Agar Awet dan Tak Mudah Berjamur Foto: iStock

Cara ini merupakan cara tercepat untuk membersihkan talenan. Cara ini juga menjadi cara yang paling sering digunakan untuk membersihkan beberapa lat masak di dapur lainnya sehari-hari.

Cara ini bisa dilakukan setelah talenan kayu benar-benar kering. Bahkan ini cara yang juga cukup efektif untuk membersihkan bau bawang yang menempel.

Saat talenan kayu dalam keadaan kering, cukup taburkan garam pada seluruh area permukaan. Gosok permukaan talenan dengan spons yang bersih. Rendam sebentar dengan air hangat, bilas dan keringkan.

Baca juga: Membersihkan Noda pada Talenan

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com