Talenan Kayu Lebih Bersih dan Terawat dengan 5 Cara Ini

Shara Azzhara - detikFood Senin, 18 Mar 2019 17:25 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Talenan kayu selalu ada di setiap dapur. Alas bahan makanan ini perlu dibersihkan dengan benar agar tak jadi sarang bakteri.

Banyak orang mengandalkan talenan kayu untuk menyiapkan potongan bahan makanan. Talenan kayu dianggap lebih alami oleh banyak orang ketimbang talenan plastik. Sayangnya pemakaian talenan kayu sering kali kurang tepat.

Banyak orang belum tahu cara benar membersihkan talenan kayu sehingga aroma makanan masih tertinggal. Lebih parahnya lagi, jika ada guratan dalam pada talenan kayu, area ini bisa menjadi sarang tumbuhnya bakteri yang membahayakan kesehatan.

Dikutip dari TODAY (18/3), Melissa Maker selaku penulis "Clean My Space: The Secret to Cleaning Better, Faster -- And Loving Your Home Every Day" berbagi metode untuk memperpanjang masa simpan talenan kayu dan menjaga kebersihannya. "Pastikan Anda mengolesi talenan kayu dengan minyak mineral setiap bulan jika berbahan dasar kayu. Hal ini akan membantu talenan bertahan lebih lama dan mencegah noda serta bakteri meresap ke dalam seratnya," ujar Melissa.

Talenan Kayu Lebih Bersih dan Terawat dengan 5 Cara IniFoto: iStock

Ia melanjutkan, "Dan untuk membersihkannya, lap seluruh sisa bahan masakan dengan kain lembap dan taburi garam sekitar setengah cup (64 gram). Potong lemon dan gunakan untuk menggosok setiap sisi talenan. Jika sudah, bilas dan keringkan."

Baca juga: Ini Sebabnya Talenan Kayu Lebih Aman Dibandingkan Talenan Plastik

Selain tips dari Melissa Maker, ada juga beberapa metode populer untuk membersihkan talenan kayu seperti berikut ini:

1. Pasta soda kue
Jika talenan kayu Anda tidak membutuhkan pembersihan intens, pasta berbahan soda kue buatan rumahan ini bisa jadi solusi. Cara membuatnya, campurkan satu sendok makan baking soda, satu sendok makan garam, dan satu sendok makan air. Aduk rata pasta ini lalu oleskan pada talenan dan gosok hingga bersih.

2. Ramuan lemon dan garam
Metode ini sangat mudah dilakukan dan mampu memberikan aroma yang segar. Cukup siapkan irisan lemon dan garam. Pertama taburkan garam ke seluruh permukaan talenan kayu, lalu gosok dengan lemon hingga mengeluarkan sarinya. Terakhir, bilas dengan air.

Talenan Kayu Lebih Bersih dan Terawat dengan 5 Cara IniFoto: iStock

Baca juga: Bersihkan Talenan Kayu dan Parutan Keju dengan Trik Mudah Ini

3. Trik tisu dapur
Untuk membersihkan talenan dengan cepat, Anda membutuhkan 2 lembar tisu dapur, sedikit cuka dan hidrogen peroksida. Rendam satu tisu dapur dengan cuka lalu lap seluruh permukaan talenan kayu. Kemudian rendam tisu dapur kedua dengan hidrogen peroksida dan lap kembali talenan kayu Anda.

4. Larutan pemutih
Siap-siap memotong daging untuk membuat rendang atau memotong ikan bandeng untuk resep pindang? Pahami dulu cara membersihkan noda talenan kayu yang membandel. Caranya, campurkan satu sendok makan pemutih dengan dua liter air. Rendam talenan kayu dalam larutan pemutih dan biarkan selama beberapa menit. Selanjutnya, bilas hingga bersih dengan air panas.

5. Garam dan air panas
Cara membersihkan yang satu ini sangat mudah dan cepat, itulah mengapa cara ini sangat digemari dan diandalkan. Metode ini juga cukup ampuh untuk menghilangkan noda seperti sisa bawang merah dan kunyit. Ketika talenan kayu sudah benar-benar kering, taburkan garam ke seluruh permukaannya kemudian gosok dengan menggunakan spons yang sudah direndam air panas. Talenan kayu dijamin kembali bersih.

Baca juga: Ini Kesalahan Pemakaian Talenan yang Sering Dilakukan Orang

Setelah mengetahui cara membersihkan talenan kayu, Anda juga perlu menghindari kesalahan umum pemakaian talenan. Mulai dari menggunakan talenan yang sama untuk semua bahan makanan hingga malas mengganti talenan lama. Berikut kesalahan yang sering dilakukan.

1. Memakai talenan yang sama untuk daging dan sayur
Berapa talenan yang Anda miliki di dapur? Minimal Anda harus punya dua talenan. Satu untuk memotong daging sapi, ayam dan ikan. Yang satu lagi untuk mengolah sayuran dan buah. Talenan yang sama jika dipakai untuk memotong daging, ayam dan seafood dan sayuran bisa memicu risiko kontaminasi silang. Mengingat ayam mentah bisa mengandung bakteri salmonella. Sebaiknya gunakan dua talenan dengan warna berbeda untuk mempersiapkan dua bahan berbeda.

Talenan Kayu Lebih Bersih dan Terawat dengan 5 Cara IniFoto: iStock

2. Memakai talenan ukuran kekecilan
Seringkali pemakaian talenan asal talenan. Tidak memperhitungkan banyaknya bahan-bahan yang dipotong atau dicincang. Akibatnya talenan kecil sering dipaksakan untuk mempersiapkan bahan dalam jumlah banyak. Bahan makanan yang dipotongpun berceceran atau tumpah ke luar talenan sehingga menjadi kotor.

Talenan sebaiknya saat dipakai masih menyediakan ruang cukup untuk pergerakan pisau mengiris atau mencicncang sehingga bahan makana bisa disiapkan dengan baik.

3. Malas menyikat permukaan talenan

Guratan pisau pada talenan kayu dan plastik sering meninggalkan guratan yang lama kelamaan bisa dalam. Kotoran pun mudah bersarang dalam bekas guratan. Akibatnya sering muncul jamur.

Karena itu talenan harus dicuci bersih dan sikat dengan sikat kawat agar kotoran terangkat bersih. Jika guratan semakin dalam dan banyak, sebaiknya ganti talenan segera.

4. Malas mengganti talenan lama

Talenan harus lurus rata permukaannya agar bahan makanan bisa terpotong dengan baik. Jika sudah lama dipakai talenan umumnya akan cekung di bagian tengah atau bagian yang sering dipakai. Jika kondisi talenan seperti ini sebaiknya ganti segera.

Jika dibiarkan menipis dan bergurat banyak, bakteri dan kotoran akan mudah bersarang dalam permukaan talenan. Talenan juga tak baik lagi fungsinya.

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com