5 Cara Membersihkan Talenan Kayu Agar Awet dan Tak Mudah Berjamur

Diah Afrilian - detikFood Senin, 12 Apr 2021 10:30 WIB
5 Cara Membersihkan Talenan Kayu Agar Awet dan Tak Mudah Berjamur Foto: iStock
Jakarta -

Merawat alat masak memang susah-susah gampang, terutama alat masak yang terbuat dari kayu. Simak tips membersihkan talenan kayu ini agar lebih awet dan tak mudah berjamur.

Alat masak menjadi pendukung utama untuk mengolah bahan makanan menjadi hidangan yang enak. Salah satunya talenan yang menjadi tempat dimana bahan makanan akan dipotong-potong.

Talenan akan banyak berpengaruh pada makanan apalagi jika satu talenan digunakan untuk semua jenis bahan makanan. Sisa bahan makanan yang sebelumnya kemungkinan besar akan menempel dan memengaruhi cita rasa bahan makanan yang selanjutnya akan dipotong.

Talenan jenis kayu atau talenan yang terbuat dari kayu menjadi yang paling sensitif. Kayu memiliki rongga yang cukup besar sehingga sisa bahan makanan akan lebih mudah masuk dan menempel dalam waktu lama.

Dilansir melalui Today (9/4), berikut ini 5 tips untuk membersihkan talenan kayu agar awet dan tak mudah berjamur:

5 Cara Membersihkan Talenan Kayu Agar Awet dan Tak Mudah Berjamur5 Cara Membersihkan Talenan Kayu Agar Awet dan Tak Mudah Berjamur Foto: iStock

1. Pasta Pembersih Rumahan

Jika sebelumnya talenan kayu digunakan untuk memotong bahan makanan yang memiliki cairan yang banyak, bau yang menyengat, serta tekstur yang lengket, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu karena sisa bahan makanan yang menempel akan mudah menyerap ke bahan makanan berikutnya.

Pertama-tama, kamu bisa membuat sendiri pasta pembersih dengan bahan-bahan yang ada di dapur. Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda, 1 sendok makan garam, dan 1 sendok makan air.

Aduk rata semua bahan yang telah disebutkan. Setelah talenan dilap kering dari sisa bahan yang menempel, pasta yang telah dibuat bisa langsung dibalurkan kemudian digosok dan dibilas sampai bersih.

Baca juga: Talenan Kayu Lebih Bersih dan Terawat dengan 5 Cara Ini

2. Metode Lemon dan Garam

Campuran lemon dan garam menjadi cara yang paling efektif untuk menghilangkan bau dari bahan makanan yang menyengat. Misalnya seperti daging kambing, buah nangka, jengkol, pete dan makanan berbau kuat lainnya.

Selain lemon, kamu juga bisa menggunakan jeruk nipis berukuran yang agak besar jika lemon tidak tersedia. Caranya pun cukup mudah dan tak butuh waktu lama.

Taburkan garam pada seluruh bagian talenan kayu. Belah jeruk lemon dan usapkan pada seluruh talenan kayu yang telah ditaburi garam. Bilas dengan air bersih dan keringkan talenan kayu hingga benar-benar kering.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com