Ingin Diet Alpukat? Cek Dulu Kalorinya

Kristina Ina - detikFood Senin, 12 Apr 2021 06:00 WIB
5 Cara Mengolah Alpukat yang Enak dan Sehatkan Pencernaan Foto: iStock/Ingin Diet Alpukat? Cek Dulu Kalorinya
Jakarta -

Akhir-akhir ini diet alpukat cukup banyak diminati. Buah yang kaya vitamin dan dikenal tinggi lemak ini dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan.

Buah yang memiliki nama ilmiah Persea americana ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Pohon alpukat mudah tumbuh di dataran rendah hingga dataran tinggi. Sehingga tak heran jika banyak ditemukan di sembarang tempat.

Alpukat terbagi ke dalam beberapa jenis. Dikutip dari Department of Agriculture and Fisheries, Queensland Government, terdapat 5 jenis alpukat dengan 3 varietas baru. Kelima jenis itu antara lain Hass, Lamb Hass, Shepard, Red, Wurtz.

Di Indonesia, terdapat varietas lain yang berkembang dan banyak ditemui di pasaran. Seperti alpukat mentega, miki, wina, kendil, dan jambon. Alpukat wina adalah varietas yang cukup populer dan mudah dijumpai.

Dikutip dalam Jurnal Taylor and Francis, alpukat Hass mengandung berbagai nutrisi penting. Setengah buat alpukat atau sekitar 68 g mengandung serat (4,6 g), gula (0,2 g), kalium (345 mg), natrium (5,5 mg), magnesium (19,5 mg), vitamin A (43 μg), folat (60 mg), vitamin B-6 (0,2 mg), niasin (1,3 mg), asam pantotenat (1,0 mg), riboflavin (0,1 mg), kolin (10 mg), lutein / zeaxanthin (185 μg), fitosterol (57 mg) dan asam lemak tak jenuh tunggal (6,7 g) dan 114 kkal atau 1,7 kkal / g.

Sementara itu, minyak alpukat terdiri dari 71% asam lemak tak jenuh tunggal, 13% asam lemak tak jenuh ganda, dan 16% asam lemak jenuh. Asam lemak ini membantu meningkatkan lemak darah sehat.

Dalam penelitian itu disebutkan pula bahwa alpukat dapat mendukung pengendalian berat badan dan mencegah penuaan. Itulah mengapa buah alpukat banyak digunakan untuk diet sehat.

Kandungan lemak dalam alpukat dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori. Satu buah alpukat berukuran 100 g dapat menghasilkan 160 kalori. Untuk bisa mengurangi berat badan 0,5 kg dalam satu minggu, maka usahakan mengonsumsi alpukat tidak lebih dari 9 buah.

Itu tadi kandungan kalori dalam buah alpukat. Pastikan kamu memahaminya dengan baik sebelum memutuskan untuk diet alpukat.



Simak Video "Lagi Diet? Bisa Konsumsi Nasi Shirataki yang Rendah Kalori"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com