5 Fakta Ikan Nila, Ikan Air Tawar yang Kaya Nutrisi dan Khasiat

Riska Fitria - detikFood Jumat, 09 Apr 2021 16:00 WIB
5 Fakta Ikan Nila, Ikan Air Tawar yang Kaya Nutrisi dan Khasiat Foto: iStock

3. Jenis Ikan Nila

Ikan NIla Bakar Pedas ManIkan NIla Bakar Pedas Manis5 Fakta Ikan Nila, Ikan Air Tawar yang Kaya Nutrisi dan Khasiat Foto: iStock

Ikan memiliki banyak jenisnya. Masing-masing memiliki ciri khas dan kelebihan tersendiri. Pertama ada ikan nilai hitam yang paling sering ditemui di pasaran. Selain itu, juga ada ikan nila merah.

Nah, jenis ikan tersebut paling banyak diminati oleh pecinta kuliner Indonesia. Namun, ikan nilai merah memiliki harga yang lebih mahal daripada ikan nila hitam.
Tak kalah unik, ada ikan nila gift.

Jenis ikan tersebut merupakan perpaduan antara jenis ikan nila yang ada di dunia, yakni di Mesir dari Singapura. Ada pula ikan nila gesit yang beratnya mencapai 600 gram pada usia 4 bulan.

Selanjutnya ada ikan nilai best yang dikenal gesit dan aktif. Ada ikan nila bangkok yang tak kalah enak dikonsumsi dan ikan nila larasati yang memiliki tekstur daging yang tebal.

4. Nutrisi Ikan Nila

5 Fakta Ikan Nila, Ikan Air Tawar yang Kaya Nutrisi dan Khasiat5 Fakta Ikan Nila, Ikan Air Tawar yang Kaya Nutrisi dan Khasiat Foto: iStock

Ikan nila tidak hanya lezat untuk dikonsumsi, tetapi juga memiliki banyak khasiat kesehatan. Itu karena ikan nila mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dalam 100 gram ikan nilai ada 26 gram protein dan hanya 128 kalori.

Bukan hanya itu, ikan nila juga kaya akan niacin, vitamin B12, fosfor, selenium, dan kalium. Kandungan asam lemak dalam ikan nilai berperan untuk membantu tubuh menjaga kadar kolesterol.

Sementara kandungan protein ampuh untuk menyembuhkan jaringan tubuh yang rusak. Ikan nila juga baik untuk kesehatan tulang karena adanya kandungan kalsium. Ikan nilai cocok untuk menu diet karena rendah kalori.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Inovasi Baru, Brownies Ikan Nila yang Manjakan Lidah"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com