7 Makanan Penghilang Galau yang Rasanya Enak

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 08 Apr 2021 16:30 WIB
Bahan Makanan yang Kaya Akan Tryptophan Foto: iStock
Jakarta -

Rasa galau bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Ada 7 makanan tinggi tryptophan yang disebut-sebut bisa menghilangkan galau.

Kekurangan hormon serotonin dapat memengaruhi suasana hati menjadi tidak baik. Untuk mengatasinya beberapa makanan bisa dikonsumsi dan membantu meningkatkan produksi hormon serotonin.

Hormon serotonin menjadi hormon yang dikaitkan dengan tingkat kebahagiaan seseorang. Pada kadar serotonin yang tepat, orang akan merasa lebih tenang, fokus dan tidak akan mengalami kecemasan.

Kadar hormon serotonin sangat memengaruhi suasana hati. Hormon serotonin yang rendah akan berpengaruh pada suasana hati yang buruk seperti sedih, emosional atau galau. Sebaliknya, hormon serotonin yang tinggi akan menimbulkan perasaan seperti bahagia dan senang.

Selain dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan atau olahraga teratur, konsumsi makanan yang tepat juga dapat membantu produksi serotonin dalam tubuh terutama yang mengandung asam amino dan tryptophan.

Berikut ini 7 makanan penghilang galau yang direkomendasikan oleh Insider (7/4):

Bahan Makanan yang Kaya Akan TryptophanBahan Makanan yang Kaya Akan Tryptophan Foto: iStock

1. Daging ayam

Daging cenderung lebih tinggi protein dan menjadi pilihan yang tepat untuk asupan tryptophan. Salah satunya daging putih atau yang berasal dari unggas yang dikatakan memiliki kandungan tryptophan lebih tinggi.

Tentunya konsumsi daging unggas untuk mendapatkan manfaat tryptophan yang baik harus disesuaikan porsinya dan tidak berlebihan. Konsumsi daging unggas yang berlebihan justru akan menimbulkan rasa kantuk yang sulit ditahan.

2. Telur

Selain unggas seperti daging ayam, telur pun memiliki kandungan tryptophan yang tinggi. Telur juga mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang cukup banyak. Misalnya seperti vitamin A, B12 dan selenium.

Kuning telur yang selalu ditinggalkan ternyata menjadi tempat berkumpulnya kandungan kolin. Kandungan kolin ini merupakan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan terutama pada ibu hamil.

Baca juga: Sedang Patah Hati? 5 Makanan Ini Bisa Kurangi Rasa Galau

3. Salmon

Bahan Makanan yang Kaya Akan TryptophanBahan Makanan yang Kaya Akan Tryptophan Foto: iStock

Salmon menjadi jenis ikan yang paling tinggi kandungan tryptophannya. Kandungan tryptophan yang tinggi pada salmon sangat cukup untuk membantu tubuh memproduksi hormon serotonin dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik.

Tak hanya tryptophan, salmon juga mengandung asam lemak, omega 3 dan vitamin D. Kandungan ini membuat salmon begitu baik dikonsumsi secara rutin untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Biji-bijian

Biji-bijian menjadi pilihan makanan sumber tryptophan yang sangat dianjurkan untuk pelaku vegetarian dan vegan. Karena tidak dapat mengonsumsi protein hewani, protein nabati yang tinggi bisa didapatkan melalui biji-bijian.

Terutama pada biji-bijian seperti biji labu, flax dan biji chia bisa menjadi biji-bijian yang ditambahkan ke dalam makanan sebagai sumber tryptophan. Misalnya ditambahkan pada saat sarapan dengan salad, yoghurt atau sereal.

5. Kacang-kacangan

Bahan Makanan yang Kaya Akan TryptophanBahan Makanan yang Kaya Akan Tryptophan Foto: iStock

Konsumsi kacang-kacangan dalam jumlah cukup sangat bermanfaat bagi pelaku vegetarian dan vegan serta orang dewasa lanjut usia. Kacang dapat membantu tubuh untuk memproduksi serotonin dan menimbulkan perasaan bahagia.

Tak hanya tryptophan untuk produksi serotonin, kacang juga mengandung lemak tak jenuh, protein serta beberapa mineral dan vitamin penting. Pada orang dewasa lanjut usia kacang juga bisa membantu mencegah pikun.

6. Kacang Kedelai

Berbagai makanan hasil olahan kacang kedelai juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati. Kacang kedelai mengandung tryptophan yang cukup baik yang akan membantu tubuh untuk memproduksi dan melepaskan hormon serotonin.

Olahan-olahan kacang kedelai seperti tahu dan tempe menjadi yang paling tepat untuk dikonsumsi. Terutama pada pelaku vegan dan vegetarian yang tak bisa lepas dari keduanya. Olahan kacang kedelai juga dinilai lebih sehat karena rendah lemak.

7. Olahan Susu

Bahan Makanan yang Kaya Akan TryptophanBahan Makanan yang Kaya Akan Tryptophan Foto: iStock

Susu dikenal dengan kalsiumnya yang baik untuk tulang. Ternyata tak hanya sekadar kalsium, susu juga memiliki kandungan tryptophan yang tinggi dan cukup mampu untuk membantu memproduksi serotonin.

Selain itu, susu juga menjadi sumber vitamin A, D dan E yang baik. Terutama pada saat masa pertumbuhan, susu menjadi salah satu makanan yang dianjurkan rutin dikonsumsi.

Baca juga: Redam Rasa Kecewa dan Sedih dengan Konsumsi 10 Makanan Enak Ini



Simak Video "Pembukaan Subway Indonesia yang Timbulkan Antrean Panjang"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com