Sebelum Ngopi, Cek Dulu Jumlah Kalori Berbagai Minuman Kopi Ini

Diah Afrilian - detikFood Selasa, 06 Apr 2021 05:00 WIB
Sebelum Ngopi, Cek Dulu Jumlah Kalori Berbagai Minuman Kopi Ini Foto: iStock
Jakarta -

Kopi bisa jadi minuman menyegarkan di pagi hari. Sebelum ngopi ada baiknya cek dulu kalori berbagai jenis minuman kopi agar tak kelebihan asupan kalori.

Kopi merupakan minuman yang paling sering dan banyak dikonsumsi orang. Mulai dari kopi hitam yang pahit hingga kopi dengan berbagai tambahan rasa.

Kopi juga bisa disajikan menjadi berbagai racikan yang kemudian jadi minuman kopi populer di dunia. Misalnya cappuccino, americano, latte, machiatto dan masih banyak lagi.

Ternyata segelas kopi dengan racikan bahan-bahan yang berbeda-beda juga memiliki kandungan kalori yang berbeda. Jika sedang berdiet, kamu perlu tahu jumlah kalori minuman kopi yang kamu konsumsi.

Dilansir melalui Livestrong (2/4), berikut ini jumlah kalori pada berbagai jenis racikan minuman kopi.

Sebelum Ngopi, Cek Dulu Jumlah Kalori Berbagai Minuman Kopi IniSebelum Ngopi, Cek Dulu Jumlah Kalori Berbagai Minuman Kopi Ini Foto: iStock

1. Kopi Arabika

Kopi Arabika ini merupakan jenis kopi yang paling banyak ditemukan di dunia. Kopi ini diproduksi sebanyak 70%-80% di dunia menurut Coffee Research Institute.

Pada secangkir kopi Arabika mengandung kalori sebanyak 2 kkal dan 95 miligram kafein. Kopi jenis ini juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan kandungan fitonutrien yang memiliki antioksidan dan mencegah perkembangan sel kanker.

2. Es Kopi Vietnam

Kopi vietnam dibuat dengan komposisi kopi, susu atau krim kental manis dan es. Kalori yang ada pada secangkir es kopi vietnam ini berasal dari penggunaan susu kental manis yang biasanya digunakan cukup banyak.

Kalori dalam secangkir es kopi Vietnam ditentukan oleh banyaknya penggunaan susu kental manis. Biasanya untuk secangkir kopi vietnam menggunakan 2-4 sendok makan susu kental manis yang akan memberikan kalori sebanyak 125 kkal.

Baca juga: Jumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaat

3. Kopi dengan Susu Rendah Lemak

Sebelum Ngopi, Cek Dulu Jumlah Kalori Berbagai Minuman Kopi IniSebelum Ngopi, Cek Dulu Jumlah Kalori Berbagai Minuman Kopi Ini Foto: iStock

Beberapa kopi dibuat dengan menggunakan campuran susu semi skim, rendah lemak atau bahkan susu tanpa lemak. Susu semi skim hanya memiliki kalori setengah dari susu biasanya yaitu sebanyak 1,7%.

Penggunaan susu semi skim, non lemak dan tanpa lemak ini akan memberikan jumlah kalori yang jauh lebih rendah. Secangkir kopi yang menggunakan susu semi skim, rendah lemak atau tanpa lemak ini hanya memiliki kalori sebanyak 17kkal.

Selanjutnya
Halaman
1 2

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com