Jumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaat

Diah Afrilian - detikFood Kamis, 18 Mar 2021 05:00 WIB
Conceptual of how to making drip coffee by herself. Foto: iStock
Jakarta -

Kopi memiliki segudang manfaat sehat, salah satunya menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan menjaga kesehatan jantung. Tetapi kopi seperti apa yang bisa disebut sehat? Berikut penjelasannya.

Kopi memiliki kandungan nutrisi yang sebenarnya sangat baik untuk kesehatan. Mulai dari mencegah beberapa penyakit, menurunkan risiko penyakit tertentu, hingga memelihara fungsi organ tubuh.

Tetapi, kopi yang dikatakan memiliki banyak manfaat tersebut adalah kopi rendah kalori. Kopi rendah kalori ini bisa didapatkan melalui secangkir kopi murni tanpa bahan tambahan lain. Sederhananya, kopi yang memiliki banyak manfaat kesehatan adalah kopi hitam.

Apakah benar kopi hitam memiliki kalori yang sangat rendah? Simak penjelasan terkait jumlah kalori secangkir kopi hitam berikut ini.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Kopi Bisa Turunkan Berat Badan Menurut Ahli

A cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaatesso black coffeeA cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaatesso black coffee Foto: Getty Images/iStockphoto/MarioGuti

Dilansir melalui Daily Coffee News (5/3), jumlah kalori dalam secangkir kopi hitam bisa sekitar 5 kalori atau bahkan negatif, tergantung beberapa hal. Bahkan, jumlah kalori negatif yang ada pada secangkir kopi lebih terbukti dibandingkan dengan kalori negatif pada seledri, jeruk bali atau selada.

Secangkir kopi dikatakan memiliki kalori total rata-rata sebanyak 5 kalori. Tetapi hanya sebagian yang akan menjadi kalori yang dapat dicerna oleh tubuh.

Hal yang perlu diketahui, kafein mengandung senyawa bernama asam klorogenat. Senyawa ini mampu merangsang metabolisme melalui kaskade kompleks reaksi kimia. Reaksi ini secara signifikan lebih membakar banyak kalori dibandingkan dengan kopi tanpa kafein.

Senyawa asam klorogenat ini juga memiliki manfaat lebih lanjut untuk metabolisme dan penurunan berat badan dengan menekan nafsu makan. Dalam banyak kasus, asam klorogenat juga mampu mencegah penyerapan lemak dan karbohidrat.

A cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaatesso black coffeeA cup of esprJumlah Kalori Secangkir Kopi Hitam, Kopi Sehat yang Kaya Manfaatesso black coffee Foto: Getty Images/iStockphoto/MarioGuti

Jika menjabarkan perhitungan kalorinya, pada 100 miligram kafein (yang terdapat pada 226 gram bubuk kopi) dapat membantu pembakaran 75 - 105 kalori pada tubuh manusia. Jadi, jika mengurangi kalori yang dibakar dari total 5 kalori, secangkir kopi akan memberikan kalori negatif sebanyak 70-145 kalori.

Tentunya, sebelum menikmati kopi untuk mendapatkan manfaatnya juga harus diperhatikan terkait kemampuan tubuh terhadap toleransi kafein. Karena, ketika ternyata tubuh tidak memiliki toleransi terhadap kafein, bukan manfaat yang didapatkan justru efek negatif terhadap tubuh yang akan dirasakan.

Baca Juga: Mau Ngopi? Coba Cek Dulu Kandungan Kalori 8 Kopi Populer Ini



Simak Video "Yamaha V80 Ini Disulap Jadi Kedai Kopi Tengah Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com