'Nasgor Makanan Sejuta Mamat', Cerita Menarik dari Sepiring Nasi Goreng

Riska Fitria - detikFood Senin, 05 Apr 2021 19:30 WIB
Nasgor Makanan Sejuta Mamat, Cerita Menarik dari Sepiring Nasi Goreng Foto: detikcom/Riska Fitria
Jakarta -

Nasi goreng menyimpan sederet cerita menarik. Semuanya terangkum dalam buku 'Nasgor Makanan Sejuta Mamat' yang ditulis oleh Harry Nazarudin.

Semua orang pasti pernah mencicipi rasa nasi goreng. Rasanya gurih dan cocok di lidah siapa saja. Kepopuleran nasi goreng membuat hidangan itu disebut-sebut sebagai makanan sejuta umat.

Tak hanya sekadar makanan yang dapat dinikmati, nasi goreng juga menyimpan berbagai cerita menarik. Nah, belum lama ini seorang Penulis dan Praktisi Kuliner Harry Nazarudin meluncurkan buku tentang nasi goreng.

Baca Juga : 3 Trik Membuat Nasi Goreng yang Sedap dari 2 Penjual Nasi Goreng

'Nasi Goreng Makanan Sejuta Mamat' Cerita Jujur tentang Nasi Goreng'Nasi Goreng Makanan Sejuta Mamat' Cerita Jujur tentang Nasi Goreng Foto: iStock

Buku berjudul 'Nasgor Makanan Sejuta Mamat' itu diluncurkan pada (25/03) secara virtual. Isi buku itu bukan mengenai resep-resep nasi goreng, melainkan cerita tentang nasi goreng yang belum diketahui banyak orang.

Bukunya tidak tebal hanya terdiri 109 halaman dengan pembahasan sebanyak 12 BAB. Bahasa yang digunakan juga mudah dimengerti apalagi dikemas dalam cerita yang jenaka menarik.

Misalnya pada BAB 1 yang membahas tentang sejarah nasi goreng di Nusantara yang ternyata tercatat dalam Serat Centhini. Serat Centhini sendiri merupakan literatur Jawa yang naskahnya ditulis pada 1711.

'Nasgor Makanan Sejuta Mamat', Cerita Menarik dari Sepiring Nasi Goreng'Nasgor Makanan Sejuta Mamat', Cerita Menarik dari Sepiring Nasi Goreng Foto: detikcom/Riska Fitria

Tidak hanya di Nusantara, kisah nasi goreng juga sampai ke Negeri Kincir Angin hingga Jerman. Nasi goreng banyak disukai orang karena dapat dikreasikan sesuai dengan selera.

Nah, dalam buku ini Harry Nazarudin juga bercerita tentang kreasi nasi goreng yang ditawarkan oleh para chef ternama. Seperti nasi goreng dari restoran Kembang Bawang milik Chef Mario Dalimartha dan nasi goreng dendeng lemak milik Chef Tiarbah.

Tak ketinggalan juga ada nasi goreng babat Hengky di Semarang. Uniknya di buku ini tersedia QR Code yang dapat di-scan dan bisa membawa kita menyusuri tempat-tempat makan nasi goreng itu.

'Nasi Goreng Makanan Sejuta Mamat' Cerita Jujur tentang Nasi Goreng'Nasi Goreng Makanan Sejuta Mamat' Cerita Jujur tentang Nasi Goreng Foto: iStock

Oiya, bagi yang berniat ingin membuat nasi goreng sendiri di rumah, Harry Nazarudin juga memberikan trik-trik cara memasak nasi goreng. Ternyata memasak nasi goreng tak boleh sembarang.

Dalam buku milik Harry Nazarudin ini mengatakan bahwa ada adsorbat dan adsorben yang perlu diperhitungkan. Seperti yang pernah dibahas oleh peneliti asal Jerman Herbert Freundlich.

Selain itu, masih banyak cerita-cerita nasi goreng lainnya. Nah, buat yang penasaran kamu bisa membeli buku Nasgor Makanan Sejuta Mamat di Gramedia, Shopee dan M&C. Harganya dibanderol Rp 70.000.

Baca Juga : 'Nasi Goreng Makanan Sejuta Mamat' Cerita Jujur tentang Nasi Goreng



Simak Video "Nasi Goreng Tiwul, Menu Khas Waduk Bendo Ponorogo"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com