Kakek 84 Tahun Ini Koleksi Lebih dari 150 Varietas Mangga Langka

Diah Afrilian - detikFood Senin, 05 Apr 2021 18:00 WIB
Fresh tropical fruit smoothie mango juice and fresh mango on a outdoor tropical background Copy space Foto: iStock
Jakarta -

Mangga merupakan buah tropis yang punyak banyak varietas di Asia. Seorang kakek asal India ini mampu mengoleksi lebih dari 150 varietas mangga langka.

Ketika cuaca mulai panas, biasanya waktu ini akan dikaitkan dengan musim panen buah-buahan. Berbagai tanaman akan mulai berbuah pada cuaca yang mulai hangat.

Biasanya musim panen ini ditandai dengan banyaknya pedagang buah yang bermunculan. Bahkan buah-buah dengan jenis atau varietas yang langka juga banyak diperjualbelikan.

Salah satunya mangga. Mangga termasuk tumbuhan tropis yang dapat berbuah sepanjang tahun. Tetapi ketika cuaca mulai hangat mangga akan berbuah lebih banyak lagi.

Kakek 84 Tahun Ini Koleksi Lebih dari 150 Varietas Mangga LangkaKakek 84 Tahun Ini Koleksi Lebih dari 150 Varietas Mangga Langka Foto: Twitter@ANI

Dilansir melalui Food NDTV (1/4), seorang kakek asal India bahkan rela untuk menjelajahi banyak desa untuk mengumpulkan varietas mangga lokal. Ia juga mengaku telah mengumpulkan sebanyak 120 varietas mangga selama pencariannya itu.

"Saya telah mengunjungi banyak desa penghasil appe midi (mangga yang dijadikan acar) dan mengumpulkannya sebanyak 120 jenis," kata BV Subba Rao Hegde sang kolektor mangga.

Baca juga: Tak Mau Hitung Lagi, Kolektor Botol Coca-Cola Ini Sudah Habiskan Rp 515 Juta

Mangga sendiri memang banyak digunakan pada resep-resep masakan India. Kecintaannya Hegde pada mangga ini bahkan telah membuatnya mengumpulkan 150 jenis mangga secara keseluruhan.

Hegde telah menyambangi berbagai daerah seperti desa Beluru di Shiwamogga, Karnataka dan telah mengumpulkan 150 mangga asli dari Western Ghats. Jenis-jenis mangga yang dikumpulkan ini merupakan jenis mangga yang dikatakan hampir punah.

Proses pengumpulan jenis mangga yang langka ini bukan proses yang mudah. Hegde mendapatkan banyak koleksi jenis mangganya ini setelah melakukan pengumpulan selama beberapa tahun.

Kakek 84 Tahun Ini Koleksi Lebih dari 150 Varietas Mangga LangkaKakek 84 Tahun Ini Koleksi Lebih dari 150 Varietas Mangga Langka Foto: Twitter@ANI

"Saya telah mengunjungi banyak desa untuk mencari jenis mangga khas mereka untuk dibuat sebagai acar. Pada tahap awal, saya telah mengoleksi 120 jenis mangga dengan aroma yang berbeda-beda," kata Hegde.

Untuk mendapatkan 120 jenis mangga dengan aroma yang berbeda tersebut Hegde bahkan harus menghabiskan waktu selama 6 bulan. Sejak bulan November hingga Maret tahun ini, bahkan Hegde telah menambah koleksinya dengan beberapa jenis mangga lainnya.

Hegde mengakui bahwa kecintaannya pada mangga memang sudah terjadi sejak masa kecilnya. Manisan mangga menjadi makanan yang paling ia sukai sejak kecil.

"Sejak berusia 60 tahun, saya menanam berbagai jenis mangga lokal di lahan kecil di rumah. Istri saya juga mendukung dan membantu pekerjaan ini," kata Hegde.

Kakek 84 Tahun Ini Koleksi Lebih dari 150 Varietas Mangga LangkaKakek 84 Tahun Ini Koleksi Lebih dari 150 Varietas Mangga Langka Foto: Twitter@ANI

Sayangnya, beberapa mangga yang ia kumpulkan tidak semuanya dapat tumbuh subur dan bertahan untuk waktu yang lama. Dari 150 jenis mangga, hanya ada 15 jenis yang mampu tumbuh subur dan bertahan dalam waktu yang lama.

Waktu hidup jenis mangga langka yang cukup sebentar ini yang menjadi alasan utama Hegde untuk mengumpulkan jenis-jenis mangga dan melestarikannya. Baru-baru ini juga Hegde dianugerahi Award for Excellence untuk pertanian yang inovatif di National Horticulture Fair yang berlangsung di Bengaluru pada 8 Februari lalu.

"Saya telah mencangkokkan 5 varietas ke satu pohon mangga di rumah, juga menanamnya dalam pot. Saya telah menyumbangkan varietas mangga ini ke sekolah-sekolah," kata Hegde.

Baca juga: 5 Fakta Mangga Irwin Ungu yang Cantik dan Kaya Manfaat



Simak Video "Warteg Legendaris Gang Mangga: Satu Sendok Petai Harganya Rp 15 Ribu!"
[Gambas:Video 20detik]
(dfl/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com