Menggoreng Air Pakai Tepung Roti Jadi Tren Terbaru di TikTok dan YouTube

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 02 Apr 2021 19:00 WIB
Menggoreng Air Pakai Tepung Roti Jadi Tren Terbaru di TikTok dan YouTube Foto: The Action Lab
Jakarta -

Banyak tren aneh yang bermunculan di TikTok dan YouTube. Seperti tren menggoreng air dengan menggunakan tepung roti di dalam minyak panas.

Bentuk air yang cair dan tidak padat, tidak membuat orang-orang berhenti mencoba menggoreng air. Bahkan kini muncul tren membuat air goreng, yang dibalut dengan tepung roti seperti chicken nugget.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Jika Sehari Minum 3 Liter Air? Ini 5 Faktanya

Dilansir dari Food NDTV (02/04), tren goreng air sebenarnya pertama kali diperkenalkan oleh YouTuber bernama James Orgill. Pada tahun 2016 lalu, tren ini sempat jadi topik perbincangan tapi baru viral sekarang.

Menggoreng Air Pakai Tepung Roti Jadi Tren Terbaru di TikTok dan YouTubeMenggoreng Air Pakai Tepung Roti Jadi Tren Terbaru di TikTok dan YouTube Foto: The Action Lab

Apalagi muncul video terbaru tutorial menggoreng air dari James, yang merupakan ahli kimia. Lewat kanal YouTube 'The Action Lab', James memberikan resep membuat air goreng di rumah yang krispi dan segar.

Untuk membuat hidangan ini, James menggunakan bubuk kalsium alginate yang dicampur ke dalam air minum. Bubuk kalsium ini membuat tekstur air lebih kental. Kemudian agar bisa membentuk lapisan tipis dari air, ia menambahkan bubuk sodium alginate.

Hasilnya air yang tadinya cair, berubah bentuk membuat lapisan tipis seperti bola-bola air yang bisa diangkat. Lapisan tipis dari kalsium dan sodium ini aman untuk dimakan, dan teksturnya juga tidak mudah pecah.

Menggoreng Air Pakai Tepung Roti Jadi Tren Terbaru di TikTok dan YouTubeMenggoreng Air Pakai Tepung Roti Jadi Tren Terbaru di TikTok dan YouTube Foto: The Action Lab

James langsung menaburkan tepung roti ke seluruh permukaan bola air tersebut. Lalu menggorengnya di dalam minyak panas, persis seperti menggoreng ayam atau kentang.

Walau direndam di minyak panas, tapi bola-bola air ini tetap bertahan. Ketika ditiriskan, bentuk bola air ini sudah menyerupai seperti gorengan pada umumnya.

"Mari kita coba rasanya seperti apa. Menurut saya, saya tidak bisa bilang bahwa rasa air goreng ini enak. Tapi ya boleh lah," pungkas James.

Di akhir video, James memperingatkan tentang bahayanya membuat air goreng ini. Karena jika lapisan tipisnya pecah saat bertemu minyak, bisa jadi minyak itu akan menimbulkan ledakan.

Banyak netizen yang memberikan komentar lucu hingga penasaran ingin mencobanya.

Menggoreng Air Pakai Tepung Roti Jadi Tren Terbaru di TikTok dan YouTubeMenggoreng Air Pakai Tepung Roti Jadi Tren Terbaru di TikTok dan YouTube Foto: The Action Lab

"Ini merupakan solusi yang pas bagi orang-orang yang tengah lapar dan haus dalam waktu yang sama. Yaitu makan air goreng," komen netizen.

"Bagi seseorang yang suka makan gorengan tapi ingin memangkas berat badan. Menurut saya ini adalah cemilan yang tepat saat saya sedang diet," tulis netizen.

"Menurut saya ini adalah makanan untuk di masa depan. Di mana generasi selanjutnya akan suka makan air goreng ini," pungkas netizen lainnya.

Baca Juga: Setelah 20 Tahun Pria Ini Minum Air Putih Pertama Kali



Simak Video "Bikin Laper: Risotto Seafood hingga Stracciatella Pizza"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com