Apa yang Terjadi Jika Sehari Minum 3 Liter Air? Ini 5 Faktanya

Diah Afrilian - detikFood Senin, 01 Mar 2021 08:00 WIB
Apa yang Terjadi Jika Sehari Minum 3 Liter Air? Ini 5 Faktanya Foto: Getty Images/iStockphoto/BrianAJackson
Jakarta -

Mencukupi kebutuhan tubuh akan air penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Berikut ini ada fakta-fakta yang harus kamu ketahui jika minum 3 liter air per hari.

Seperti nutrisi, kebutuhan tubuh akan air mineral harus diperhatikan kecukupannya. Kebutuhan air yang tercukupi akan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Kebutuhan air yang tercukupi juga menjadi salah satu cara agar organ tubuh tetap berfungsi normal. Selain dari minuman, asupan air juga dipengaruhi oleh makanan sebesar 20%.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, jumlah kebutuhan air pada tubuh orang dewasa yang harus dicukupi setidaknya 8 gelas ukuran 230 mililiter atau setara dengan 2 liter. Tetapi apa yang bisa terjadi jika minum air berlebihan?

Menurut Byrdie (22/2) 5 fakta berikut akan terjadi jika kamu minum air sebanyak 3 liter per hari.

1. Lonjakan Metabolisme

"Jika tubuh manusia mengonsumsi 473 mililiter air dalam 1 jam, metabolisme tubuh akan meningkat sebesar 30% selama 30 - 40 menit ke depan. Berkomitmen untuk minum air setengah dari berat tubuh, diakui oleh para peneliti akan menurunkan berat badan lebih banyak," kata Heidi Powell.

Dalam tubuh manusia, ada sebuah enzim yang bernama lipase. Enzim ini berfungsi untuk memobilisasi lemak ke seluruh tubuh.

Air, selain diperlukan untuk hidrasi dan menjalankan fungsi tubuh juga dibutuhkan untuk mengaktifkan enzim lipase.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Mengenal Arti dan Cara Pairing Teh yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com