Pengunjung Tak Habiskan Makanan, Pemilik Restoran Ini Kesal

Riska Fitria - detikFood Rabu, 31 Mar 2021 16:00 WIB
Pengunjung Tak Habiskan Makanan, Pemilik Restoran Ini Kesal Foto: Instagram @warpopski/iStock
Jakarta -

Seorang pemilik restoran mencurahkan kekesalannya terhadap pengunjung yang serakah. Mereka sering memesan makanan banyak tetapi tidak pernah dihabiskan.

Sampah makanan telah menjadi masalah yang serius di dunia, termasuk juga Indonesia. Bahkan pada tahun 2020 lalu, Indonesia pernah menduduki peringkat kedua sebagai negara dengan sampah makanan tertinggi di dunia.

Sampah makanan bisa berawal dari kebiasaan mengambil porsi makanan banyak tetapi tidak mampu menghabiskan. Alhasil sisa makanan tersebut berakhir di tempat sampah. Kejadian seperti ini sering terjadi di restoran atau warung makan.

Baca Juga : Viral Donasi Puluhan Nasi Kotak Terbuang Sia-sia, Ini Sebabnya

Pengunjung Tak Habiskan Makanan, Pemilik Restoran Ini KesalPengunjung Tak Habiskan Makanan, Pemilik Restoran Ini Kesal Foto: Instagram @warpopski/iStock

Salah satunya restoran bernama Warposki yang berlokasi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan. Lewat Instagram, Hakiem selaku pemilik restoran mencurahkan kekesalannya terhadap kebiasaan pengunjung yang tak menghabiskan makanan.

"Dear abang-abang sayang yang tadi pesen nasi Portugal, emang sih abang udah bayar untuk makan di warung saya. Kalau saya kembalikan lagi duitnya yang udah abang bayar, abang bisa muntahin lagi gak nasi yang udah masuk ke perut?," tulisnya dalam caption.

Lebih lanjut, Hakiem menceritakan kalau pengunjungnya tersebut memesan menu dengan porsi yang sesuai kebutuhan. Namun, ia tak bisa menghabiskan semua makanan tersebut sehingga meninggalkan sisa.

Pengunjung Tak Habiskan Makanan, Pemilik Restoran Ini KesalPengunjung Tak Habiskan Makanan, Pemilik Restoran Ini Kesal Foto: Instagram @warpopski/iStock

Hakiem menyebut bahwa kebiasaan tersebut sangat gak masuk akal. Bahkan Hakiem juga menyebut kalau kebiasaan pesan makanan tapi tak pernah menghabiskan sebagai tindakan yang takabur dan serakah.

"Lebih gak masuk akal lagi kalau abang minta kebutuhan sesuai apa yang abang butuhkan, tapi gak habis. Ini namanya TAKABUR DAN SERAKAH," tulis Hakiem.

Dikonfirmasi detikcom (31/03) Hakiem menyarankan untuk memesan nasi sesuai porsi yang pas. Sebab jika pengunjung masih menyisakan lauk tetapi nasinya sudah habis, pengunjung bisa menambah nasi tanpa dikenai biaya.

Pengunjung Tak Habiskan Makanan, Pemilik Restoran Ini KesalPengunjung Tak Habiskan Makanan, Pemilik Restoran Ini Kesal Foto: Instagram @warpopski/iStock

"Saya bukan aktivis pangan, tapi setidaknya abang harus lebih bijak lagi sama makanan," ujar Hakiem.

Curhatan pemilik restoran tersebut pun menjadi viral setelah dibagikan ulan oleh akun Instagram @mak_inpoh (30/03). Unggahannya langsung dibanjiri dengan berbagai tanggapan dari netizen.

"Saya gak suka sayur daun singkong, jadi kalau beli nasi Padang selalu minta sayur nangka aja. Mubazir. Kalau nyokap selalu bilang masih banyak banget orang yang buat makan aja susah, jangan pernah buang makanan," tulis netizen.

"Jangankan orang jualan, suami makan gak dihabisi bisa aku omelin. Masih banyak lho orang buat makan aja susah, makanya jangan suka buang-buang makanan. Kalau pesen ya porsinya semampunya aja," tulis netizen.

Baca Juga : 5 Komunitas Ini Kumpulkan Sampah Makanan Sisa, Ada yang Dari Indonesia



Simak Video "Masak Masak: Resep Kue Putri Mandi"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com